Breaking News:

Limbas Medis di Pinggir Jalan

Klinik Pembuang Limbah Medis di Jalan Raya Sukatani Bekasi Bisa Diancam Cabut Izin Operasional

Limbah medis bekas penanganan Covid-19 ditemukan di pinggir Jalan Raya Sukatani, Bekasi.

ISTIMEWA/Dokumentasi Polsek Sukatani
Temuan limbah medis bekas penanganan Covid-19 di pinggir Jalan Raya Sukatani, Kabupaten Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, SUKAKARYA - Temuan limbah medis bekas penanganan Covid-19 ditemukan di pinggir Jalan Raya Sukatani, Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi diduga berasal dari sebuh klinik di kawasan Jababeka, Cikarang.

Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, pihaknya bakal memberikan sanksi tegas jika benar limbah tersebut dibuang oknum klinik.

"Jadi kebetulan di dalam kantung itu juga ada selebaran yang itu menerangkan ada tertulis salah satu klinik di Jababeka," kata Alamsyah, Jumat, (6/11/2020).

"Tapi kami tidak mau mendahului karena ini sedang ditangani kepolisian kita tunggu saja hasilnya seperti apa," tambahnya.

Dia menjelaskan, jika nantinya hasil penyelidikan membuktikan klinik tersebut benar melakukan pembuangam limbah medis, sanksi tegas akan diteggakkan.

Termasuk kata dia, sanksi pencabutan izin operasi yang berada di wewenang Dinkes Kabupaten Bekasi.

"Iya ini karena terkait UU Lingkungan Hidup pastinya sanksi, juga diatur dalan Permen LH juga dalam Dinkes akan ada sanksi bisa itu administrasi pencabutan izin dan sebagainya," tegas dia.

Alamsyah menuturkan, kronologis kejadian bermula dari temuan warga sekitar lokasi yang melihat kantong plastik berwarna kuning di pinggir jalan pada, Kamis, (29/10/2020) lalu.

"Ada laporan masyarakat Kecamatan Sukakarya, ada orang yang secara sengaja membuang limbah medis dengan menggunakan kamtong plastik," tuturnya.

Pada Kamis(29/11) sorenya, tim dari Puskesmas langsung mendatangi lokasi penemuan untuk merespon laporan tersebut.

"Jumat-nya (30/11), Dinkes, DLH (Dinas Lingungan Hidup), dikawal polisi melakukan investigasi di lapangan ternyata isi dari kantung itu adalah limbah medis yang berasal dari hasil pemeriksaan Covid-19," paparnya.

Untuk jenis limbah yang ditemukan berupa, bekas alat rapid test, sarung tangan, hazmat atau alat pelindung diri (APD) dan sejumlah alat medis lain yang identik dengan penanganan Covid-19.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved