Breaking News:

Faktor Risiko Diabetes, Kapan Sebaiknya Cek Gula Darah Diperlukan?

Orang-orang dengan faktor resiko diabetes, dianjurkan segera melakukan screening atau pengecekan gula darah sebelum usia 45 tahun

Ace Maxs
Diabetes 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronik yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah

Oleh sebab itu, penting bagi penderita diabetes cek gula darah secara rutin agar gula darah dapat terkontrol dengan baik dan tidak terjadi komplikasi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI dr. Dyah Purnamasari menjelaskan, pengecekan gula darah tak hanya penting dilakukan bagi penderita diabetes saja.

Melainkan, orang dengan beberapa faktor risiko diabetes juga perlu untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Seperti adanya riwayat keturunan diabetes, obesitas, pola hidup tak sehat seperti merokok dan diet rendah serat, atau kurangnya aktivitas fisik.

Lalu kapan sebaiknya screening atau pemeriksaan gula darah dilakukan pada orang dengan faktor resiko diabetes?

"Nah orang-orang yang memiliki minimal 1 faktor resiko, antara obesitas atau hipertensi, merokok, kurang aktivitas, diet rendah serat, itu ya sebelum usia 45 tahun sudah disarankan untuk melakukan pemeriksaan skrining gula darah," kata dia.

Orang-orang dengan faktor resiko diabetes, dianjurkan segera melakukan screening atau pengecekan gula darah sebelum usia 45 tahun.

Menurut dr Dyah, saat ini fasilitas kesehatan sudah banyak yang memberikan layanan pemeriksaan atau kontrol gula darah juga kolestrol.

Halaman
123
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved