Breaking News:

Indonesia Fashion Week 2020

Indonesia Fashion Week 2020, Bawakan Tema Kalimantan dan Disaksikan Secara Virtual

Indonesia Fashion Week (IFW) 2020 akhirnya digelar pada bulan November 2020 dan dilaksanakan secara virtual ditengah Pandemi Covid-19.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Septiana
Istimewa
Tangkapan layar konferensi pers virtual Indonesia Fashion Week 2020, Senin (9/11/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Indonesia Fashion Week (IFW) 2020 akhirnya digelar pada bulan November 2020 ini.

Berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, pergelaran IFW ke 9 ini dilaksanakan secara virtual ditengah Pandemi Covid-19.

Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono yang juga merupakan Presiden Indonesia Fashion Week menjelaskan, pergelaran ini juga sekaligus bentuk dukungan dan memberikan ruang promosi kepada pelaku industri mode Tanah Air untuk terus bangkit dan berkreasi ditengah situasi ekonomi yang terpuruk dampak dari pandemi virus corona.

Acara IFW 2020 dapat disaksikan pada tanggal 14 dan 15 November melalui channel YouTube Indonesia Fashion Week Official.

"Temanya tetap sama, kita ingin membuat eksplorasi tentang Borneo, Kalimantan. Karena memang selama ini IFW lebih banyak menggarap dari Sumatra. Misalnya Toba, Sumatera Barat, Palembang, juga dikatakan Jawa, Batik lurik dan banyak NTT," kata Poppy Dharsono dalam pers conferens, Senin (9/11/2020).

Pada pelaksanaan tahun ini, IFW mengangkat tema budaya Kalimantan yang bertajuk Tales of the Equator - Treasure of the Magnificent Borneo.

Menurut Poppy, Kalimantan memiliki unsur kebudayaan yang beragam, dan juga unik.

Designer-designer yang akan memamerkan hasil karyanya di Indonesia Modest Fashion Week 2019 16 Oktober ini, Kamis (10/10/2019).
Designer-designer yang akan memamerkan hasil karyanya di Indonesia Modest Fashion Week 2019 16 Oktober ini, Kamis (10/10/2019). (TribunJakarta/Pebby Ade Liana)

Sehingga Kalimantan memiliki banyak dimensi yang bisa dieksplorasi dan menjadi sumber inspirasi bagi industri fesyen di Indonesia.

Pergelaran ini dilaksanakan secara live tapping dari lokasi Jakarta Fashion Hub.

"Jadi nanti bentuknya adalah live tapping. Kita selama 1 minggu membuat tapping itu, tempatnya di Jakarta Fashion Hub. Tempat ini sangat baik, bagus dan sangat memberikan fasilitas yang luar biasa pada kami sehingga bisa berjalan dengan baik. Jadi tiap desainer mengirimkan bajunya dari tiap daerah dan kami simpan di sini, lalu kami kurasi," ungkapnya.

Meski digelar secara virtual, namun Pandemi Covid-19 tak menghalangi para desainer Indonesia untuk terus berkarya menghadirkan koleksi-koleksi terbaik yang akan ditampilkan pada IFW tahun ini.

Di antaranya seperti Ida Royani, Agnes Budhisurya, Sugeng Waskito, Tuty Ayib dan Jenny Cahyawati diketahui turut memamerkan koleksi-koleksi terbaiknya dalam pergelaran tanggal 14-15 November tersebut.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved