Breaking News:

Mengenal Rumah Atsiri, Wisata Edukasi Tanaman Aromatik khas Indonesia

Pemandangan lanskap Gunung Lawu dan hamparan kebun bunga Marigold juga menciptakan suasana yang tenang dan menyegarkan pikiran.

Editor: Kurniawati Hasjanah
dok. Rumah Atsiri
Rumah Atsiri di Tawangmangu 

TRIBUNJAKARTA.COM - Di mata dunia, Indonesia telah lama dikenal sebagai surganya rempah-rempah dan tanaman aromatik, yang menjadi bahan utama pembuatan bumbu masakan hingga minyak aromaterapi, atau yang kini populer dengan sebutan essential oil atau minyak atsiri.

Tanaman wangi ini, terutama serai dan nilam, merupakan salah satu komoditas primadona pada tahun 1960-an dan membuka hubungan dagang antara Indonesia dengan negara-negara di Eropa.

Terinspirasi dari perjalanan sejarah dan potensi tanaman aromatik, lahirlah Rumah Atsiri Indonesia. 

 Berlokasi di kawasan dataran tinggi Desa Plumbon, Tawangmangu, Jawa Tengah,  Rumah Atsiri mengawali perjalanannya di tahun 2016 sebagai tempat wisata edukasi tentang tanaman aromatik untuk pembuatan essential oil dan produk aromaterapi lainnya. 

"Awalnya bangunan Rumah Atsiri ini adalah bekas pabrik penyulingan Citronella pada zaman Presiden Ir. Soekarno pada tahun 1963, hasil kesepakatan perdagangan antara Indonesia dan Bulgaria pasca kemerdekaan," ujar Natasha Clairine Mintarga, Founder dari Rumah Atsiri Indonesia dalam keterangan resminya pada Senin (9/11).

Kisah inilah yang menggugah Natasha untuk menyalakan kembali potensi industri tanaman aromatik dalam negeri. 

Tanpa mengubah struktur asli bangunan utama yang dirancang tim dari Bulgaria, Natasha melakukan pengembangan kawasan seluas 5 hektar dan pembangunan fasilitas yang mendukung program penelitian, pelatihan, dan edukasi tentang produk olahan dari minyak atsiri.

Pemandangan lanskap Gunung Lawu dan hamparan kebun bunga Marigold juga menciptakan suasana yang tenang dan menyegarkan pikiran. 

 Di Rumah Atsiri, Anda dapat melihat 80 jenis tanaman aromatik yang dibudidayakan, mendalami sejarah minyak atsiri di dunia dan inovasi alat penyulingannya dari masa ke masa, dan belajar tentang cara membuat essential oil di Learning Hubs.

Selain itu ada juga fasilitas pendukung lainnya seperti akomodasi, restoran, dan function hall. Rumah Atsiri juga menawarkan paket tur untuk kunjungan grup maupun acara perusahaan. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved