Breaking News:

Sisi Lain Metropolitan

Cerita Asal Usul Warung Bolong di Mal Kemang: Berawal dari Sebuah Kamar Tidur Milik Warga

Warung bolong atau warbol yang berada di Mal Kemang Village, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, berawal dari ruang kamar tidur sederhana milik warga.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS
Suasana pembeli dari dalam area Mall Kemang Village ke warung bolong pada Senin (9/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, MAMPANG PRAPATAN - Warung bolong atau warbol yang berada di Mal Kemang Village, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, berawal dari ruang kamar tidur sederhana milik warga.

Rumah warga itu berdampingan dengan lokasi proyek pembangunan mal saat itu.

Nafsiah (50) mengenang masa saat pertama kali jendela rumahnya dijadikan tempat berjualan aneka makanan untuk para pekerja proyek pembangunan mal.

Ia tidak tahu persis kapan membuka usaha warung bolong ini. Seingatnya, sekira 10 tahun silam.

"Ini dulu kamar kita sendiri. Kamar tidur ada jendelanya kecil. Yaudah pas buat jualan ketika ada pembangunan," ujarnya kepada TribunJakarta.com pada Senin (9/11/2020).

Kini, ruang kamarnya telah dijadikan tempat berjualan melayani pelanggan. Rumah Nafsiah dan suaminya Jefri (49) telah pindah tak jauh dari sana.

Ide Lubang di dinding

Nafsiah sedang menciduk nasi dari panci di dalam warung bolong. Dulu ini ruangan merupakan kamar tidurnya yang berdekatan dengan proyek pembangunan mal Kemang Village pada Senin (9/11/2020).
Nafsiah sedang menciduk nasi dari panci di dalam warung bolong. Dulu ini ruangan merupakan kamar tidurnya yang berdekatan dengan proyek pembangunan mal Kemang Village pada Senin (9/11/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS)

Saat proyek mal dibangun, warga sekitar turut merasakan dampaknya, terutama permukiman di RT 011 RW 005 Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Permukiman warga sempat kekurangan air dan terganggu dengan suara bising pembangunan. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved