Breaking News:

Momentum Hari Pahlawan, PT Pos Indonesia Tembus Daerah Terpencil Salurkan BST

PT Pos Indonesia masih berupaya menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada masyarakat yang membutuhkan.

ISTIMEWA
Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi meninjau penyaluran BST desa, Jumat (6/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM - PT Pos Indonesia masih berupaya menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada masyarakat yang membutuhkan.

Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal R Djoemadi mengatakan banyak hal yang menjadi pertimbangan dan kendala saat melakukan penyaluran di daerah-daerah terluar.

Beberapa di antaranya, jelas dia, penyesuaian dengan jarak, akses, dan kondisi cuaca yang menjadi tantangan.

"Misalnya pendistribusian di daerah terluar seperti kepulauan yang ada di Samudera Hindia Mentawai dan Nias tentu memperhatikan banyak hal, mulai penyesuaian akan cuaca dan jadwal kapal," ujar Faizal dalam keterangannya, Kamis (12/11/2020).

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, kata Faizal, kapal penumpang yang berlayar juga terbatas.

Kendati demikian, Faizal menuturkan momentum Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November menjadi inspirasi yang mendorong PT Pos Indonesia untuk terus bekerja.

"Kita menyadari banyak dari masyarakat yang semakin kesulitan ekonomi dan sangat membutuhkan karena terdampak Covid-19," katanya.

Baca juga: Siap Hadapi Musim Hujan, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Pastikan 90 Persen Pompa Siap Digunakan

Ia juga mengapresiasi komunitas-komunitas yang sudah terlibat dalam pendistribusian bantuan ke daerah-daerah terpencil. Pelibatan komunitas dinilai sangat membantu Pos Indonesia dalam menjangkau daerah-daerah pedalaman. 

PT Pos Indonesia memiliki target untuk membagikan BST kepada sembilan juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Penyaluran tahap 8 dipastikan bakal terealisasi pada November 2020 dan dilanjutkan untuk tahap 9 pada Desember 2020. 

Kurir PT Pos Indonesia yang bertugas mengantar paket sembako dari pemerintah pusat ke warga di Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (24/4/2020).
Kurir PT Pos Indonesia yang bertugas mengantar paket sembako dari pemerintah pusat ke warga di Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (24/4/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

"Progresnya PT Pos sudah menyalurkan BST untuk tahap 1 sampai tahap 7 sudah mencapai 98 persen. Untuk pencairan BST tahap 8, kita didistribusikan serentak secara nasional pada minggu ini," kata Faizal.

Penulis: Annas Furqon Hakim
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved