Breaking News:

Info Kesehatan

Begini Cara Mencuci Masker Kain Supaya Tetap Aman, Tak Boleh Sembarangan!

Memasuki era 'new normal', menggunakan masker menjadi hal yang wajib sebagai salah satu tindakan protokol kesehatan demi mencegah penularan corona.

Editor: Rr Dewi Kartika H
Grid.Id
masker kain 

TRIBUNJAKARTA.COM – Memasuki era 'new normal', menggunakan masker menjadi hal yang wajib sebagai salah satu tindakan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus Covid-19.

Oleh sebab itu, penggunaan masker telah menjadi kebutuhan sehari-hari, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Selain masker bedah, ada lagi alternatif lain yang banyak digunakan oleh masyarakat, yaitu masker kain minimal dua lapis.

Sayangnya, belum banyak yang tahu bahwa masker kain juga perlu perawatan agar tetap bersih dan aman dipakai setiap hari. 

 Padahal, ketika memakai masker seharian, bagian luar dari masker tersebut tentu sudah terkontaminasi banyak hal.

Pentingnya mencuci masker kain secara rutin

Melansir dari pemberitaan Kompas.com (8/11/2020), seorang ahli penularan penyakit udara bernama Profesor Cath Noakes menegaskan, gesekan antar kulit dan kelembapan yang terjadi saat menggunakan masker kain terlalu lama bisa menyebabkan penyakit 'maskne'.

Maskne merupakan istilah untuk menyebut ruam jerawat yang dihasilkan karena gesekkan dari suatu permukaan benda. Jika terus-terusan mendapat gesekan, kondisi kulit bisa semakin parah.

Sebagai 'pelindung', masker kain yang habis dipakai juga berpotensi dihinggapi berbagai macam kotoran tak terlihat yang bisa saja membawa penyakit.

Belum lagi, jika masker kain kerap diletakkan di tempat seperti tas, kantung celana, meja, dan tempat-tempat lainnya dimana virus bisa saja bebas menempel.

Halaman
12
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved