Breaking News:

Jembatan Akses Marunda Akan Diperbaiki, Warga Diimbau Lewat Jalan Alternatif

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yudi Febriadi mengatakan, perbaikan jalan akan dilakukan secara bertahap

Penulis: Gerald Leonardo Agustino | Editor: Muhammad Zulfikar
Dok. Sudin Perhubungan Jakarta Utara
Petugas memasang spanduk perbaikan jembatan Jalan Akses Marunda, Jumat (13/11/2020) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan melakukan perbaikan Jembatan Akses Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Perbaikan jembatan rencananya dilakukan dalam beberapa hari ke depan sehingga pengguna jalan diimbau cari jalur alternatif.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yudi Febriadi mengatakan, perbaikan jalan akan dilakukan secara bertahap.

"Perbaikan jembatan yang menghubungkan Jalan Cacing (Cakung-Cilincing) ke Jalan Akses Marunda tersebut akan dilaksanakan mulai malam hari ini dan diperkirakan akan rampung pada hari Selasa (1/12) mendatang," kata Yudi, Jumat (13/11/2020).

Perbaikan mesti dilakukan lantaran saat ini kondisi struktur plat jembatan mengalami kerusakan.

Dikhawatirkan jembatan tersebut akan berlubang apabila tidak segera diperbaiki dan bisa membahayakan kendaraan yang melintas.

"Jadi untuk pencegahan terjadinya kecelakaan atau membahayakan pengguna jalan, perbaikan diputuskan lebih awal," jelas Yudi.

Menurut Yudi, pemerintah pusat telah menyerahkan aset dan perawatan Jalan Akses Marunda kepada Pemda DKI Jakarta pada tahun 2019 lalu.

Baca juga: Dishub Bekasi Bakal Berlakukan Sistem Buka Tutup di Jalan Pejuang Pondok Ungu

Baca juga: 86 Kendaraan Ikuti Uji Emisi Kendaraan Bermotor Gratis di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI

Dengan begitu, perbaikan sudah dalam wewenang Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Ia juga menjelaskan bahwa perbaikan di jembatan Jalan Akses Marunda akan melalui empat tahapan.

"Dimulai dari pembongkaran jembatan dan loading puing, deck floor jembatan, pembesian D13-150 (2 Layer), pengecoran jembatan dan pembersihan lokasi. Untuk yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan dan keamanan pengguna jalan adalah PT Pandawa Lestari Perkasa," kata Yudi.

Sementara itu, Kasi Lalu Lintas Sudin Perhubungan Jakarta Utara Ricky Hermawan mengimbau kepada pengguna agar mencari alternatif rute perjalanan.

Ada beberapa jalur alternatif bagi pengendara apabila hendak melintas dari arah Jalan Akses Marunda ke Jalan Cacing maupun sebaliknya.

"Selama masa pembangunan tersebut kendaraan yang melintas akan diarahkan melalui rute seperti Jalan Kebon Baru, Jalan Kebantenan, Jalan Pedongkelan, Jalan Sungai Landak, Jalan Akses Bawah Jembatan, Jalan Marunda Makmur, Jalan Inspeksi BKT, dan Jalan Raya Gudang Peluru Rorotan," kata Ricky.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved