Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Terdampak Covid-19, Warga Rusun Pengadegan Terapkan Urban Farming dan Budidaya Ikan

Warga yang tinggal di Rusunawa, Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan, mencoba bertahan di tengah himpitan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

ISTIMEWA
Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno saat meninjau urban farming dan budidaya ikan di Rusunawa Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN - Warga yang tinggal di Rusunawa, Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan, mencoba bertahan di tengah himpitan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

Salah satu caranya yaitu menyulap ruang sempit menjadi lahan hijau produktif dengan menanami tanaman pak coy, kangkung, bayam, dan seledri serta budidaya ikan di dalam ember.

Itu merupakan hasil kerjasama antara Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 dengan Kelompok Tani Hidrofresh 2 Rusunawa Pengadegan.

Menerapkan sistem urban farming, 26 anggota kelompok tani ini mencoba memenuhi kebutuhan pangan mandiri saat dampak Covid-19 yang menghantam perekonomian mereka.

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno mengaku banyak mendengar keluhan dari warga Rusunawa Pengadegan.

Bahkan, banyak warga yang kehilangan pekerjaan atau jam kerjanya.

"Mereka itu sebagian enggak bisa bayar cicilan, mereka kesulitan menghadapi biaya-biaya lainnya,” kata Sandi di Rusunawa Pengadegan, Jumat (13/11/2020).

"Kalau harga bahan pangan ini melonjak, tentu semua terdampak, makanya urban farming ini sangat cocok diterapkan warga," tambahnya.

Ketua Kelompok Tani Hidrofresh 2 Pengadegan Saparno mengatakan, modal awal untuk membuat urban farming ini adalah dengan urunan swadaya sesama anggota yang membuat dua kolam ikan budidaya.

"Keterbatasan modal dan sarana yang dimiliki masih jauh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan kelompok, maupun warga sekitar yang membutuhkan," ujar dia.

Penulis: Annas Furqon Hakim
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved