Anggota Pemadam Kebakaran Jakarta Timur Gelar Pelatihan Evakuasi Korban Banjir di Kali Ciliwung

n pelatihan di yang digelar di Kali Ciliwung ini guna menghadapi musibah banjir saat musim hujan.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Proses pelatihan evakuasi warga korban banjir yang dilakukan Damkar Jakarta Timur di Kali Ciliwung, Sabtu (14/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur menggelar pelatihan evakuasi bagi jajarannya pada Sabtu (14/11/2020).

Kepala Regu Rescue Sudin PKP Jakarta Timur Suradi mengatakan pelatihan di yang digelar di Kali Ciliwung ini guna menghadapi musibah banjir saat musim hujan.

"Pelatihan bagi anggota ini dalam hal penanganan saat banjir. Jadi pengoperasian perahu dan motor tempel untuk evakuasi," kata Suradi di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (14/11/2020).

Sebanyak 10 personel dikerahkan dalam pelatihan yang dimulai dari aliran Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu hingga Pintu Air Manggarai.

Personel Damkar Jakarta Timur saat menyiapkan motor tempel untuk perahu karet saat latihan evakuasi di Kali Ciliwung, Sabtu (14/11/2020).
Personel Damkar Jakarta Timur saat menyiapkan motor tempel untuk perahu karet saat latihan evakuasi di Kali Ciliwung, Sabtu (14/11/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Selain karena kerap meluap saat hujan rute ini dipilih karena beberapa waktu terakhir terjadi musibah warga hanyut di aliran Kali Ciliwung.

"Jadi selain memastikan perahu dan motor tempelnya berfungsi optimal tambahannya untuk evakuasi orang tenggelam. Ini untuk pembelajaran kami juga dalam evakuasi warga," ujarnya.

Suradi menuturkan hasil pelatihan operasional perahu dan evakuasi warga kali ini dimulai sekira pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB berjalan lancar.

Di 10 sektor atau pos tingkat Kecamatan yang ada jajaran Sudin PKP Jakarta Timur memiliki setidaknya satu perahu karet berikutnya motor tempel.

Proses pelatihan evakuasi warga korban banjir yang dilakukan Damkar Jakarta Timur di Kali Ciliwung, Sabtu (14/11/2020).
Proses pelatihan evakuasi warga korban banjir yang dilakukan Damkar Jakarta Timur di Kali Ciliwung, Sabtu (14/11/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Perlengkapan evakuasi tersebut siap dikerahkan saat warga butuh bantuan evakuasi karena terjebak banjir hingga pencarian korban tenggelam.

"Ini dilakukan sesuai intruksi kepala Dinas dalam rangka menghadapi musim hujan. Damkar Jakarta Timur sendiri memiliki 29 perahu karet beserta motor tempelnya," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved