Breaking News:

Jakarta Terapkan PSBB Transisi

Jakarta Timur Catat Lonjakan Kasus Terkonfirmasi Covid-19 Usai Libur Panjang

Meski tak merinci berapa besar lonjakan, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan terjadi kenaikan kasus terkonfirmasi Covid-19 usai libur

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
Freepik via Tribunnews.com
Ilustrasi Virus Corona. Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan terjadi kenaikan kasus terkonfirmasi Covid-19 usai libur panjang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 setelah libur panjang pada Oktober 2020 lalu ikut terjadi di Jakarta Timur yang merupakan wilayah terpadat se-DKI.

Meski tak merinci berapa besar lonjakan, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan terjadi kenaikan kasus terkonfirmasi Covid-19 usai libur panjang.

"Saat ini pola lonjakan pasca libur panjang sudah mulai terlihat, pola tersebut sama seperti pada saat libur panjang pada bulan Agustus," kata Anwar saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Senin (16/11/2020).

Selain karena pada 28 Oktober-1 November 2020 warga menghabiskan liburnya dengan berpergian, pemberlakuan PSBB Transisi ikut berpengaruh.

Pasalnya dalam PSBB Transisi warga diberi kelonggaran beraktivitas, di antaranya tempat wisata yang buka dengan pembatasan pengunjung.

"Aktivitas dan mobilitas penduduk lebih dinamis dibandingkan fase PSBB, sehingga penularan kasus dari efek libur panjang kemungkinan besar akan meluas," ujarnya.

Guna mencegah penularan Covid-19 meluas Anwar menuturkan pihaknya kini makin gencar dalam pengawasan dan penindakan protokol kesehatan.

Upaya menemukan kasus baru terkonfirmasi lewat tes swab yang dilakukan 10 Puskesmas Kecamatan di Jakarta Timur juga terus dilakukan.

"Antipasi yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan melakukan pembatasan (berskala) lokal yang optimal. Dibantu Satgas RT, RW, Kelurahan pada lokasi yang teridentikasi terjadi penularan kasus," tuturnya.

Baca juga: Satpol PP Matraman Gencar Razia Masker di Pisangan Baru

Baca juga: Demo Buruh di Dekat Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat Ditutup

Baca juga: Api Biru Marco Musnahkan Virus Oni-Ice Queen, Simak Jadwal dan Bocoran Manga One Piece Chapter 996

Lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 tak langsung terlihat karena baru tampak setelah warga mengikuti tes swab yang digelar masing-masing Puskesmas.

Lonjakan kasus tak hanya di Jakarta, secara nasional pada tanggal 13 dan 14 Oktober 2020 penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 mencapai lebih dari 5.000 kasus per harinya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved