Breaking News:

Penghentian Visa Umrah Sementara, Calon Jemaah Pertimbangkan Daftar Keberangkatan

Managing Director Travel Umrah Dream Tour, Ryan Darmawan mengatakan sejak kabar penghentian mencuat calon jemaah belum memastikan bakal mendaftarkan

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai dipadati jemaah umrah perdana sejak pandemi Covid-19, Minggu (1/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Keputusan pemerintah Arab Saudi memberhentikan visa umrah sementara membuat calon jemaah asal Indonesia mempertimbangkan keberangkatannya.

Managing Director Travel Umrah Dream Tour, Ryan Darmawan mengatakan sejak kabar penghentian mencuat calon jemaah belum memastikan bakal mendaftarkan diri.

"Jemaah yang mau mendaftar untuk berangkat umrah agak terkendala dengan adanya informasi ini. Menunggu kepastian kapan visa umrah dibuka kembali, hanya kepastian saja," kata Ryan di Matraman, Jakarta Timur, Selasa (17/11/2020).

Meski sebagai penyedia jasa keberangkatan tidak mengalami kerugian materil dia berharap pemerintah Arab Saudi lekas membuka visa umrah.

Atau setidaknya memberi kepastian kapan visa umrah kembali dibuka agar para calon jemaah yang mendaftar tidak ragu mengambil keputusan.

"Untuk visa umrah sedang ada perbaikan sistem, jadi memang kita tunggu beberapa hari ini. Satu dua hari ini mudah-mudahan sudah bisa normal kembali dan jemaah bisa umrah kembali," ujarnya.

Baca juga: PSI Desak DPRD DKI Jakarta Panggil Anies Baswedan Terkait Acara Rizieq Shihab di Petamburan

Baca juga: Alasan Ketua DPRD Kota Bekasi Belum Rampungnya Perda Penanganan Covid-19

Baca juga: Esteban Vizcarra Merasa Kesulitan saat Hanya Menjalani Latihan Namun Tak Ada Kompetisi

Berdasar informasi yang diterima pihaknya Ryan menuturkan evaluasi yang dilakukan pemerintah Arab Saudi terkait perjalanan termasuk penerbangan.

Namun seluruh jemaah umrah asal Indonesia yang sebelumnya sudah berangkat yakni 1, 3, dan 8 November 2020 lalu kini sudah tiba di tanah air.

"Memang ada beberapa evaluasi yang dilakukan pemerintah Arab Saudi, termasuk penerbangan dan lain sebagainya, itu yang lagi dievaluasi. Harapan kita sebelum tanggal 29 sudah ada pemberangkatan lagi," tuturnya.

Sebelumnya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Oman Fathurahman mengatakan pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara visa umrah.

“Saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia,” kata Oman, Senin (16/11/2020).

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved