Breaking News:

UMK 2021 Naik 4,21 Persen, Serikat Buruh Kota Bekasi Nilai Masih Jauh dari Harapan

Dewan Pengupahan Kota (Depeko) Bekasi telah sepakat merekomendasikan kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2021 sebesar 4,21 persen.

Yusuf / Tribun Jakarta
Anggota Depeko,Rudolf saat dijumpai di kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Selasa (17/11/2020). Depeko Bekasi telah sepakat merekomendasikan kenaikan UMK 2021 sebesar 4,21 persen. Namun angka itu disebut masih jauh dari harapan. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Dewan Pengupahan Kota (Depeko) Bekasi telah sepakat merekomendasikan kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2021 sebesar 4,21 persen.

Namun angka itu oleh serikat buruh dinilai masih jauh dari harapan.

Anggota Depeko dari unsur serikat buruh Rudolf mengatakan pihaknya sejak awal menginginkan kenaikan UMK 2021 sebesar 13,07 persen.

"Tentu kami dari Depeko unsur serikat pekerja, memang kalau dilihat dari besaran kenaikan 4,21 persen itu masih jauh dari harapan kami," kata Rudolf saat dikonfirmasi, Rabu (18/11/2020).

Meski begitu, keputusan hasil rapat pembahasan mengakomodir adanya kenaikan upah di tengah desakan pemerintiah pusat agar tidak ada kenaikan akibat pandemi Covid-19.

Diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemankertrans) membuat surat edaran agar UMK 2021 sama dengan UMK 2020 atau tidak ada kenaikan.

"Namun demikian bahwa hal tersebut menjadi suatu bukti bahwa kita sebagai perwakilan yang duduk di Depeko tidak serta merta harus berpegangan terhadap surat edaran Kemenakertrans," ungkap Rudolf.

Menurut dia, surat edaran Kemenakertrans bukan tolok ukur untuk tidak menaikan UMK 2021, lantaran kedudukannya secara hirarki perundang-undangan lebih rendah dari undang-undang tenaga kerja nomor 11 tahun 2003.

"Kita menggunakan undang-undang 11 tahun 2003, PP nomor 78 yang memang sampai saat ini masih berlaku, memang secara angka apakah kita itu sudah puas atau tidak, seperti yang saya sampaikan tadi masih jauh dari harapan kita," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved