Breaking News:

Mapolsek Ciracas Dirusak

Berkas Dilimpahkan ke Jaksa Militer, 77 Oknum Anggota TNI jadi Pelaku Perusakan Polsek Ciracas

pelimpahan berkas seluruh oknum anggota TNI yang jadi tersangka rampung pada Kamis (19/11/2020).

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kepala Oditurat II-07 Jakarta Kolonel Sus Faryatno Situmorang saat memberi keterangan di kantornya, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (19/11/2020).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pusat Polisi Militer (Puspom) melimpahkan berkas perkara oknum anggota TNI tersangka pelaku perusakan Polsek Ciracas ke Oditur Militer II-07 Jakarta.

Kepala Oditurat II-07 Jakarta Kolonel Sus Faryatno Situmorang mengatakan pelimpahan berkas seluruh oknum anggota TNI yang jadi tersangka rampung pada Kamis (19/11/2020).

"Proses penyidikan dari POM atau penyidik sudah selesai. Baik dari AD, AL, dan AU. Dari AD sendiri kami telah menerima 67 tersangka," kata Situmorang di Cakung, Jakarta Timur, Kamis (19/11/2020).

Lalu dari TNI AL 9 tersangka dan TNI AU 1 tersangka, sehingga total tersangka perusakan Polsek Ciracas pada 29 Agustus 2020 lalu sebanyak 77 tersangka.

Setelah pelimpahan berkas perkara kini Oditur Militer yang merupakan pihak penuntut umum dalam peradilan militer dalam tahap meneliti berkas.

"Ketika nanti secara materil dan formil ada yang kurang kami akan kembalikan ke penyidik untuk diperbaiki, dilengkapi, atau diperiksa, pengembangan dan lain sebagainya," ujarnya.

Berkas baru dilimpah ke Pengadilan Militer bila perwira penyerah perkara (Pepera) dari satuan tersangka mengeluarkan surat keputusan penyerahan perkara (Skepra).

Situmorang menuturkan Skepra ini yang membedakan proses peradilan militer dengan pidana umum yang ditangani Kejaksaan dan Pengadilan.

"Jadi berkas itu sekarang sudah ada di kami (Oditur Militer) semua, semua tersangka sudah dalam tahanan. Baik itu di (Rutan Militer) Cimanggis, Puspomal, dan di Halim," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved