Breaking News:

Takut Kembali Makan Korban, Buaya Berukuran 3,5 Meter Ditangkap di Pinggir Sungai Mahakam

Takut kembali memakan korban, seekor buaya berukuran besar berhasil ditangkap.

Istimewa
Buaya berukuran kurang lebih 3,5 meter ini sempat meresahkan warga, sebelum akhirnya berhasil ditangkap oleh warga di Tanjung Pagar Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat. 

TRIBUNJAKARTA.COM, SENDAWAR - Takut kembali memakan korban, seekor buaya berukuran besar berhasil ditangkap.

Ukuran hewan predator itu panjangnya mencapai 3,4 meter dan lebar punggung kurang lebih 40 centimeter.

Jenis hewan predator itu berhasil ditangkap warga di Tanjung Pagar, Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur pada Jumat (20/21/2020).

Sejumlah warga di kampung Muara Pagar menceritakan buaya berjenis kelamin betina itu sebelumnya sering muncul di pinggir Sungai Mahakam yang tidak jauh dari lokasi rumah terapung milik warga.

Kemunculan buaya itu selain membuat warga resah dan juga takut, di wilayah tersebut sering terjadi korban yang dimangsa oleh buaya.

"Dia sering muncul mondar-mandir di pinggir sungai ini dekat rumah rakit itu, kepalanya sering terbenam di lumpur itu," ujar Misalan, salah seorang warga sekitar

Warga lainnya juga menuturkan belakangan ini buaya berukuran besar sering muncul di pinggir Muara Pagar dan sering difoto dan divideo oleh warga, kemudian diunggah di media sosial.

"Dulu kalau nggak salah, bulan April sering muncul dan sempat ada korban waktu itu, makanya kita nggak berani lagi main-main di pinggir sungai. Tapi banyak kok warga yang sering foto-foto dan video, baru di-upload di Facebook," ujar Milfan, warga lainnya.

"Nggak tentu, kadang dia muncul pagi hari, kadang juga sore-sore sama siang mungkin dia lapar," tuturnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, warga yang tinggal di Muara Pagar akhirnya berupaya untuk menangkap hewan mematikan itu.

Dengan bantuan peralatan khusus serta orang yang berpengalaman, buaya terbesar akhirnya berhasil ditangkap dan dibawa ke pinggir sungai.

Buaya berukuran kurang lebih 3,5 meter ini sempat meresahkan warga, sebelum akhirnya berhasil ditangkap oleh warga di Tanjung Pagar Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat.
Buaya berukuran kurang lebih 3,5 meter ini sempat meresahkan warga, sebelum akhirnya berhasil ditangkap oleh warga di Tanjung Pagar Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat. (Istimewa)

"Nangkapnya rame-rame pake jaring, habis itu ditarik ke pinggir," ujar Jurik

Rencananya buaya tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak yang berwajib untuk kemudian dilepaskan kembali ke habitatnya.

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Bikin Resah Warga Muara Pahu, Seekor Buaya Ukuran 3,5 Meter Berhasil Ditangkap Pakai Jaring

Editor: Elga H Putra
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved