Breaking News:

Warga Duren Sawit Diserang Ulat Bulu, Personel Pemadam Kebakaran Semprot Cairan Pembasmi

Serangan ulat bulu saat memasuki musim hujan kembali terjadi, di Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit.

Warga Duren Sawit Diserang Ulat Bulu, Personel Pemadam Kebakaran Semprot Cairan Pembasmi
ISTIMEWA/Dokumentasi Damkar Jakarta Timur
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses penyemprotan cairan kimia pembasmi ulat bulu di permukiman warga Duren Sawit, Sabtu (21/11/2020).

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Serangan ulat bulu saat memasuki musim hujan kembali terjadi, kali ini di Jalan H. Dogon, RT 06/RW 02, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit.

Serangan ulat bulu itu dilaporkan warga ke jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur pada Sabtu (21/11/2020).

Kasi Ops Sudin PKP Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan warga melapor karena populasi ulat bulu yang berkeliaran di permukiman terus bertambah.

"Ulat bulunya di lahan seluas 20X40 meter. Di pepohonan sekitar permukiman, karena khawatir masuk rumah warga melapor ke kita," kata Gatot di Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (22/11/2020).

Satu unit mobil pompa berkapasitas 2.500 liter berikut enam personel Sudin PKP Jakarta Timur dikerahkan ke lokasi guna melakukan penanganan.

Yakni menyemprot cairan kimia menggunakan unit mobil pompa hingga gerombolan ulat bulu yang meresahkan warga beberapa waktu terakhir mati.

"Untuk cairan kimianya kita gunakan kaporit 2 kilogram dan tipol setengah dirigen. Metode penyemprotan foam ke pohon yang ada ulat bulunya," ujarnya.

Personel Damkar Jakarta Timur saat proses penyemprotan cairan kimia pembasmi ulat bulu di permukiman warga Duren Sawit, Sabtu (21/11/2020)
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses penyemprotan cairan kimia pembasmi ulat bulu di permukiman warga Duren Sawit, Sabtu (21/11/2020) (ISTIMEWA/Dokumentasi Damkar Jakarta Timur)

Hasil penyemprotan cairan kimia yang menghasilkan busa itu sejauh ini ampuh membunuh gerombolan ulat bulu di permukiman warga RT 06/RW 02.

Gatot menuturkan penanganan ulat bulu yang dilakukan jajarannya ini bukan kali pertama, awal tahun 2020 lalu pihaknya menerima permintaan serupa.

"Warga yang hendak melaporkan kebakaran dan permintaan evakuasi bisa menghubungi WhatsApp Damkar Jakarta Timur di nomor +628119197113," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved