Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Wilayah Zona Merah Penyebaran Covid-19 Boleh Gelar Simulasi Belajar Tatap Muka

Dinas Pendidikan Kota Bekasi masih merancang aturan yang merupakan penambahan saat pihaknya menggelar role model ujicoba sekolah

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Simulasi belajar tatap muka di SMPN 2 Kota Bekasi, Senin, (3/8/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mendikbud Nadiem Makarim memberikan sinyal lampu hijau agar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka bisa kembali digelar pada awal tahun 2021.

Anggota Tim Role Model Simulasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Haris Budiyono mengatakan saat ini Dinas Pendidikan Kota Bekasi masih merancang aturan yang merupakan penambahan saat pihaknya menggelar role model ujicoba sekolah pada Agustus 2020 lalu.

"Hampir merupakan updating atau penyempurnaan dari pedoman sebelumnya. Aturan lama 70 persen, ada penambahan 30 persen lagi yang baru," kata Haris saat dikonfirmasi, Sabtu (21/11/2020).

Pihaknya telah memiliki dua modal yang bisa dijadikan acuan untuk kembali membuka KBM tatap muka di Kota Bekasi.

"Paling tidak kita sudah ada dua modal, satu adalah rumusan tentang pembelajaran tatap muka terbatas dan yang kedua video perilaku kegiatan belajar terbatas sekolah, seandaikan sekolah mengadakan tatap muka," ungkapnya.

Haris menambahkan, bahkan mendikbud kini tak lagi mengacu pada rekomendasi dari Satgas Covid-19 untuk menentukan sekolah mana saja yang boleh atau tidak boleh dibuka.

Hal itu mengartikan bahwa wilayah zona merah masih diperbolehkan untuk menggelar simulasi KBM tatap muka.

"Pak Menteri pun memberikan sebuah gambaran, kalau pun (digelar) terbatas saja, tidak zona oranye pun simulasi bisa diselenggarakan," katanya.

Rencana simulasi yang awalnya dilakukan pada 20 Desember diundur menjadi awal Januari lantaran dikhawatirkan berbenturan dengan libur panjang.

"Karena tidak memungkinkan role model di Desember karena sudah mendekati libur. Kemungkinan betul Januari ada penjajakan role model lagi," ungkap Haris.

Halaman
123
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved