Breaking News:

Info Kesehatan

Sering Buang Air Kecil Saat Malam Hari? Hati-hati Bisa Jadi Tanda Tumor

Normalnya, seseorang bisa tidak kencing sama sekali sepanjang tidur di malam hari. Tapi keinginan kencing sesekali di malam hari masih dianggap wajar.

Freepik
Ilustrasi. Sering buang air kecil saat malam hari bisa jadi tanda tumor. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan, sering kencing di malam hari merupakan tanda gejala hipertensi.

Normalnya, seseorang bisa tidak kencing sama sekali sepanjang tidur di malam hari. Tapi keinginan kencing sesekali di malam hari masih dianggap wajar.

Seseorang dikatakan mengalami sering kencing saat perlu bangun tidur di malam hari untuk berkemih antara dua sampai delapan kali.

Dalam dunia medis, kondisi sering kencing di malam hari disebut nokturia.

Studi sering kencing dan hipertensi

Riset yang dipresentasikan di 83rd Annual Scientific Meeting of the Japanese Circulation Society pada 2018 menunjukkan, nokturia terkait hipertensi dan asupan garam berlebihan

Melansir Medical News Today, peneliti dari Tohoku Rosai Hospital Jepang menganalisis tekanan darah dan frekuensi kencing 3.749 penduduk setempat.

Data menunjukkan, responden yang bangun untuk kencing di malam hari memiliki peluang hipertensi 40 persen lebih tinggi.

Perwakilan peneliti Dr. Mutsuo Harada menyebut, hasil simpulan penelitian timnya dipengaruhi faktor gaya hidup termasuk asupan garam, etnis, dan latar belakang genetik.

"Asupan garam rata-rata di Jepang cukup tinggi. Bisa sampai 10 gram per hari, atau dua kali lipat rata-rata asupan garam per gari dunia," jelas peneliti.

Halaman
12
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved