Breaking News:

Kecamatan Tebet Jemput Bola Gelar Tes Swab Pasca-Kerumunan Habib Rizieq Shihab

Puskesmas Kecamatan Tebet gencar melakukan pelacakan terhadap terhadap orang-orang yang menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dok. Polres Jakarta Barat
Remaja yang diamankan di Mapolres Metro Jakarta Barat karena hendak demo ke Gedung DPR jalani swab test. Puskesmas Kecamatan Tebet gencar melakukan pelacakan terhadap terhadap orang-orang yang menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat (13/11/2020) lalu. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, TEBET - Puskesmas Kecamatan Tebet gencar melakukan pelacakan terhadap terhadap orang-orang yang menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat (13/11/2020) lalu.

Acara tersebut dihadiri ratusan orang hingga menimbulkan kerumunan dan dikhawatirkan muncul klaster baru penyebaran Covid-19.

Acara Maulid Nabi itu dihadiri pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Kita keliling. Hari ini di Tebet Timur, besok Kebon Baru, besoknya lagi Bukit Duri. Jemput bola, kan di Tebet ada tujuh kelurahan," kata Camat Tebet Dyan Airlangga saat ditemui pada Senin (23/11/2020).

Setiap harinya, jelas Dyan, Puskesmas Tebet memiliki kapasitas 100 hingga 150 alat tes swab.

Ia mengatakan pihak kecamatan mempunyai program active case finding (ACF) guna mencari kasus positif Covid-19 di wilayahnya.

"Kami dengan puskesmas rutin ACF dan tidak hanya untuk kasus ini. Kita ACF terus," ujar dia.

Sementara itu, Riza Patria menyebut acara Maulid yang dihadirinya sudah memenuhi protokol kesehatan.

Saya sebelumnya juga sudah berkali kali hadir dalam berbagai kegiatan Maulid. Sejauh yang saya hadiri selama ini semuanya memenuhi protokol Covid dan kesehatan," kata Riza di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2020).

Kehadirannya di acara Maulid Nabi Muhammad SAW, jelas Riza, adalah memenuhi undangan dari Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf.

"Ya tadi sudah saya jelaskan bahwa di Tebet itu saya hadir memenuhi undangan daripada Habib Ali Abdurrahman Assegaf dalam rangka kegiatan maulid dan pernikahan cucunya," ujar dia.

Baca juga: Perekam Video Viral Sebut Ya Allah Ya Rab Lihat 2 Pria Boncengan Motor Bawa Jenazah, Ada Kisah Pilu

Baca juga: Minta Polisi Tetapkan Gisel Jadi Tersangka Video Syur, Dewinta Bahar: Nanti Ada GA yang Lain

Menurutnya, kegiatan tersebut berbeda dengan acara Maulid yang pernah ia hadiri sebelumnya.

Dalam acara tersebut, kata Riza, penyelenggara sudah menyediakan sarana protokol kesehatan.

"Di Tebet juga secara umum yang saya ketahui menggunakan masker, kemudian juga ada penjagaan, pengawasan, dan sebagainya. Namun memang jumlahnya lebih banyak dari yang lain," ucap Riza.

Penulis: Annas Furqon Hakim
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved