Breaking News:

17 Startup di Asia Tenggara dan India Ikuti Program Akselerasi Surge 04 2020

Cohort Surge 04 kali ini cukup unik karena lebih dari setengah startup yang terpilih bergerak di bidang Software-as-a-Service (SaaS).

Editor: Kurniawati Hasjanah
Freepik
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Surge, program percepatan startup di Asia Tenggara dan India yang dimiliki oleh Sequoia Capital India, mengumumkan 17 startup tahap awal yang terpilih untuk Surge 04 2020 pada Rabu (25/11).

Startup yang terpilih untuk mengikuti Surge 04 berasal dari India, Singapura, Vietnam, Indonesia – dan untuk pertama kalinya sejak program Surge diadakan, Australia juga turut serta. 

Adapun ketujuh belas startup terpilih bergerak di berbagai sektor seperti EdTech, FinTech, SME (UKM) Tech, DevTool, Konsumen, HealthTech dan marketplace B2B.

Cohort Surge 04 kali ini cukup unik karena lebih dari setengah startup yang terpilih bergerak di bidang Software-as-a-Service (SaaS).

Sebanyak sebelas dari 17 startup tersebut saat ini sedang membangun pangsa pasar lintas batas (cross-border), keluar dari batas geografis mereka sejak pertama kali didirikan.

Selain itu, beberapa startup juga menantang status quo di industri mereka masing-masing dengan mendisrupsi dan mendigitalisasi industri bisnis yang masih beroperasi secara tradisional (offline), seperti logistik, otomotif, dan asuransi.

Baca juga: 6 Obat Tradisional untuk Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami, Catat Resepnya!

Surge memfasilitasi pendekatan ‘arsitektur terbuka’ yang mendorong investor dan pemain lain dalam ekosistem startup untuk mengambil bagian dalam putaran pendanaan program Surge, agar dapat lebih memaksimalkan potensi para founder startup.

Secara kolektif, startup dalam Surge 04 berhasil mengumpulkan pendanaan akumulatif sebesar 45.35 juta Dolar AS (setara Rp 642 miliar) dari Surge dan investor lainnya.

FOLLOW JUGA:

Sama halnya seperti cohort sebelumnya, kebanyakan startup yang berhasil masuk ke program Surge juga mendapatkan pendanaan dari rekan investor kelembagaan dan angel investors.

Dalam waktu kurang dari dua tahun sejak didirikan, Surge telah berkembang menjadi komunitas internasional dengan lebih dari 150 founder startup di seluruh dunia.

Cohort Surge 04 kali ini memiliki founders dari tujuh negara – Amerika Serikat, Belgia, India, Singapura, Vietnam, Indonesia, dan Australia.

Baca juga: Yuk Intip Penampilan Istimewa Folklore Taylor Swift

“Bisnis-bisnis akan menjangkau pasar luar negeri, berpikir secara digital, dan memanfaatkan teknologi untuk memecahkan masalah dalam skala besar untuk industri di seluruh dunia. Merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa bahwa kami bisa ikut ambil bagian dalam growth story startup kami,” ujar Rajan Anandan, Managing Director, Sequoia Capital India LLP.

Seperti Surge 03, Surge 04 akan sepenuhnya berjalan secara online hingga bulan Maret 2021.

Format daring tersebut telah memungkinkan tim Surge untuk membuat program mereka lebih interaktif dan inklusif, dengan beberapa sesi terbuka untuk semua alumni Surge. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved