Breaking News:

Sepuluh Kepala Daerah Siap Sukseskan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Sepuluh kepala daerah di Indonesia mendeklarasikan dukungan terhadap percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) secara virtual.

ISTIMEWA
Sepuluh kepala daerah di Indonesia mendeklarasikan dukungan terhadap percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) secara virtual. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sepuluh kepala daerah di Indonesia mendeklarasikan dukungan terhadap percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) secara virtual.

Deklarasi tersebut merupakan bagian dari Program Peningkatan Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Masyarakat Sipil untuk Melokalkan dan Mencapai TPB (PEDULI SDGs).

Program inimerupakan kerjasama Bandung Trust Advisory Group (B_Trust) dan Uni Eropa dengan 10 Pemerintah Kabupaten di Indonesia yang tersebar di 5 Provinsi.

Program PEDULI SDGs bertujuan untuk membangun kapasitas kolektif Pemerintah Daerah, Organisasi Masyarakat Sipil, dan kelompok masyarakat (perempuan, kaum muda, dan penyandang disabilitas) dalam melokalkan dan melaksanakan TPB di 10 Kabupaten.

Di antaranya Kabupaten Cilacap, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Berau.

Program ini juga melibatkan 10 pemerintah kabupaten, 30 organisasi masyarakat sipil di 10 daerah sasaran program, 30 pemerintah desa, dan 90 pendamping masyarakat di 30 desa selama 3 tahun (2020-2023).

Direktur Senior B_Trust Siswanda Harso Sumarto mengatakan, bahwa TPB merupakan tujuan yang telah disepakati oleh kepala pemerintahan negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.

Untuk mengentaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan pelestarian lingkungan.

“TPB berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030. Pencapaian TPB hanya dapat dilakukan bila dilokalkan di tingkat daerah,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Mengingat pentingnya peran pemerintah daerah dalam pencapaian TPB, menurutnya, program PEDULI SDGs ditujukan untuk mendampingi daerah sasaran dalam menyusun peta jalan/ pedoman dengan melokalkan nilai-nilai TPB dan mengadaptasi nilai-nilai tersebut ke dalam perencanaan pembangunan daerah.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved