Breaking News:

Bumi Alumni Ajak Pelaku UMKM Bangun Jejaring Pasar di Jepang

Jepang dipilih karena sepanjang sejarahnya, Negeri Nippon ini merupakan mitra dagang, baik impor maupun ekspornya, terbesar di Indonesia

Istimewa
Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) yang merupakan wadah mandiri alumni UNPAD mengadakan Webinar bertajuk 'Membangun Jaringan Alumni Peluang Pasar di Jepang' pada Jumat (27/11/2020) malam. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) yang merupakan wadah mandiri alumni UNPAD mengadakan Webinar bertajuk 'Membangun Jaringan Alumni Peluang Pasar di Jepang' pada Jumat (27/11/2020) malam.

Hadir dalam webinar ini Ketua Umum PBA Dr Ary Zulfikar alias Azoo sebagai Keynote Speaker. Diundang pula dua narasumber yakni Owner Hanamaza Pan Bakery Halal di Jepang Siti Nurjannah dan Owner Opera Investment Grup (Furniture & F&B) Ryo Okawa.

"Kegiatan webinar ini merupakan bagian dari kegiatan Bidang Hubungan Luar Negeri," ujar Nuning Hallet Phd, selaku ketua bidang hubungan luar negeri pada PBA yang juga sekalian membuka webinar ini.

"Setelah ini, kami akan membuat diskusi lainnya dalam membuka pasar di Korea Selatan dan Rusia," tambahnya.

Moderator Webinar Dr Dewi Tenty, menyampaikan, webinar ini diadakan supaya para UMKM, khususnya UMKM Alumni UNPAD, bisa membangun peluang jejaring pasar di Jepang.

Dewi menjelaskan, Jepang dipilih karena sepanjang sejarahnya, Negeri Nippon ini merupakan mitra dagang, baik impor maupun ekspornya, terbesar di Indonesia.

Pemilihan Jepang juga sebagai langkah awal supaya perluasan jejaring pasar bisa sampai ke negara-negara lainnya.

"Terakhir saya lihat di salah satu media pada 8 Oktober 2020, volume ekspor ke Jepang semakin meningkat. Mulai dari Ikan, Udang, Lobster, Gula Batu, Bawang Merah meningkat. Hubungannya sudah sangat harmonis," kata Dewi.

Di samping itu, terjadi peningkatan jumlah penduduk Indonesia yang bermukim di Jepang. Data 2019 menunjukan, 12,7 persen atau lebih dari 56 ribu penduduk Indonesia bermukim di Jepang.

"Itu kan suatu pasar juga karena orang di Indonesia akan kangen dengan masakan kampung halaman," kata Dewi.

Halaman
1234
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved