Breaking News:

APBD 2021 Kota Bekasi Fokus Penanganan Covid-19 dan Banjir

Ketua Badan Anggaran (banggar) DPRD Kota Bekasi Oloan Nababan mengatakan, fokus APBD 2021 Kota Bekasi tetap pada penanggulangan bencana Covid-19

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Rapat pripurna pengesahan APBD 2021 Kota Bekasi di gedung DPRD Kota Bekasi Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (30/11/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Ketua Badan Anggaran (banggar) DPRD Kota Bekasi Oloan Nababan mengatakan, fokus APBD 2021 Kota Bekasi tetap pada penanggulangan bencana Covid-19 dan banjir.

"Untuk postur anggaran sejatinya tidak jauh berbeda seperti tahun sebelumnya, hanya terdapat fokus terhadap penanganan Covid-19 atau dampak bencana alam seperti banjir," kata Oloan di Gedung DPRD Kota Bekasi, Senin (30/11/2020).

Dia menjelaskan, selain anggaran belanja untuk penanganan Covid-19 seperti biaya bantuan sosial (bansos) dan pengadaan alat kesehatan, Kota Bekasi menyiapkan anggaran dana tidak terduga.

Oloan menjelaskan, anggaran dana tidak terduga pada APBD 2021 disiapkan sebanyak Rp175 miliar naik dibanding tahun lalu sebesar Rp140 miliar.

"Pertama bisa terselesaikannya penanganan dampak covid dan peningkatan perekonimian masyarakat," Ucapnya.

"Sehingga dengan demikian bisa meningkatkan perekonomian yang bisa membuat kenaikan daya beli masyarakat," tegasnya.

Baca juga: Tok! APBD Kota Bekasi 2021 Diputuskan Sebesar Rp 6,1 Triliun

Baca juga: Sebelum Diperiksa Kasus Kerumunan di Petamburan, Rizieq Shihab Akan Dites Swab Covid-19

Sedangkan untuk penanggulangan banjir, anggaran disiapkan dari belanja infrastuktur pengembangan saluran dan pembuatan polder air.

"Bentuk biaya tak terduga inilah yang akan digunakan ada biaya yang sudah dianggarkan untuk alat-alat kesehatan tapi ada lagi dana tidak terduga yang juga kita siapkan supaya bisa dimanfaatkan untuk penanggulangan bencana," tegasnya.

Adapun dalam rapat paripurna, DPRD Kota Bekasi sepakat menetapkan APBD Kota Bekasi yang terdiri dari pendapatan Rp5,9 triliun dan belanja Rp6,1 triliun pada tahun anggaran 2021.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved