Breaking News:

Maruf Amin: Ekonomi Syariah Berpotensi Menjadi Salah Satu Aspek dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin menyatakan bahwa ekonomi syariah berpotensi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional

Istimewa
Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin dalam Indonesia Islamic Festival (IIFEST) 2020 webinar series 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Indonesia Islamic Festival (IIFEST) 2020 webinar series telah diselenggarakan pada tanggal 26 – 27 November 2020.

Acara perdana yang diselenggarakan Dyandra Promosindo dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini memberikan informasi dan pengetahuan mengenai ekonomi dan bisnis.

Khususnya dalam ekonomi Islam, bagaimana tantangan dan peluangnya dalam menghadapi di masa pandemi yang masih terjadi di Indonesia maupun global. Acara ini, menghadirkan 14 narasumber dari kalangan praktisi, akademisi, pemerintah, media dan dihadiri lebih dari 350 peserta.

Pada acara pembukaan di hari pertama (26/11/2020), Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin menyatakan bahwa ekonomi syariah berpotensi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Ekonomi syariah berpotensi menjadi salah satu aspek dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN), momentum ini adalah saat yang tepat untuk menggairahkan ekonomi syariah pasca pandemi. Ekosistem yang produktif untuk mendukung masyarakat terlibat langsung contohnya adalah meningkatan ekspor produk halal nasional. Semakin banyak partisipasi masyarakat pada kegiatan ekonomi ini semakin cepat perekonomian pulih kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki, menyatakan bahwa potensi UMKM ini perlu diakselerasi dengan kemampuan digital yang kuat.

“Dari 64 juta UMKM yang ada, baru 10,25 juta yang terkoneksi dengan digitalisasi. Upaya prioritas yang dilakukan oleh UMKM diantaranya adalah peningkatan sumber daya manusia, perbaikan proses bisnis, perluasan akses pasar dan optimalisasi local heroes," tutur Teten Masduki.

Meningkatnya Perekonomian Syariah di Indonesia

Peningkatan Ekonomi Syariah di Indonesia menurut Sri Ilham Lubis, Kepala Pusat Kerja sama dan Standarisasi Halal BPJPH Kementerian Agama Republik Indonesia menunjukan catatan positif.

Berdasarkan data tahun 2019 terdapat laporan yang cukup menggembirakan bahwa posisi Indonesia telah menempati rangking ke lima dari tahun sebelumnya di tahun 2018 yang berada di posisi sepuluh.

Halaman
12
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved