Breaking News:

Pemerintah Luncurkan Pedoman Perubahan Perilaku Protokol 3M ke 77 Bahasa Daerah

Pemerintah telah menerjemahkan pedoman perubahan perilaku protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19 ke dalam 77 bahasa daerah.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Septiana
Tangkapan layar zoom
Tangkapan layar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang meluncurkan pedoman perubahan prilaku protokol kesehatan 3 M ke dalam 77 Bahasa Daerah secara daring, Selasa (1/12/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pemerintah telah menerjemahkan pedoman perubahan perilaku protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19 ke dalam 77 bahasa daerah.

Melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bekerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 meluncurkan pedoman perubahan prilaku protokol kesehatan tersebut agar lebih mudah dipahami masyarakat.

"Tantangan komunikasi dan sosialisasi publik ini harus dapat cepat diatasi, mengingat pentingnya kampanye pencegahan penyebaran Covid-19 bagi keselamatan masyarakat. Sehingga strategi mengubah pesan itu ke dalam bahasa yang paling dekat dengan masyarakat, yaitu bahasa daerah masing-masing dirasa sangat tepat," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim secara daring, Selasa (1/12/2020).

Nadiem menilai, kampanye terkait pencegahan Covid-19 masih perlu ditingkatkan.

Dengan diterjemahkan ke dalam bentuk bahasa sehari-hari, diharapkan dapat lebih mudah dimengerti oleh masyarakat khususnya yang berada di daerah.

Hal ini mengingat bahasa daerah setempat, menjadi bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Menurut Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Manardo, saat ini masih banyak istilah-istilah asing yang dipakai dalam kampanye pencegahan Covid-19.

Istilah tersebut bahkan jarang terdengar oleh masyarakat awam.

Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala BNPB Doni Monardo (Tribunnews.com/istimewa)

Sehingga banyak yang mungkin belum mengerti.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved