Breaking News:

Xiaomi Tembus Tiga Besar Pabrikan Smartphone Terbesar di Dunia, Sukses Melewati Apple

Dari lima vendor smartphone yang masuk dalam daftar, Xiaomi mengalami pertumbuhan pangsa pasar paling besar dibanding yang lainnya.

ISTIMEWA/Xiaomi Indonesia
Varian warna baru Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold hadir di Tanah Air. Warna baru ini menawarkan sensasi warna biru yang melambangkan cahaya bulan bertemu dengan warna emas dari sinar matahari saat fajar tiba. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Xiaomi menggeser kedudukan Apple sebagai pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia, menurut laporan terbaru dari firma riset pasar Gartner untuk penjualan smartphone kuartal III-2020.

Dari lima vendor smartphone yang masuk dalam daftar, Xiaomi mengalami pertumbuhan pangsa pasar paling besar dibanding yang lainnya.

Vendor asal China itu mencatat angka penjualan 44,4 juta unit pada kuartal III-2020, meningkat 34,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara Apple, yang ini menempati urutan keempat, mengalami penurunan penjualan sebesar turun 0,6 persen, dengan angka penjualan yang terpaut sekitar empat juta unit di bawah Xiaomi.

Meski demikian, menurut Gartner, keunggulan Xiaomi terhadap Apple di kuartal III-2020 hanya sementara.

Sebab, penjualan ponsel Apple diprediksi akan melonjak begitu iPhone 12 mulai masuk dalam penghitungan di kuartal berikutnya.

Masih dari laporan yang sama, Samsung masih menjadi penguasa smartphone global dengan kenaikan pangsa pasar sebesar 2,2 persen secara Year-over-Year dan angka penjualan 80,8 juta unit smartphone.

Kemudian Huawei bercokol di posisi kedua dengan penjualan 51,8 juta unit. Huawei mengalami penurunan cukup signifikan, yakni 21,3 persen secara YoY.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah sanksi pemerintah AS terhadap Huawei yang membuat penjualannya lesu secara global.

Baca juga: Simak Cara Menghemat Memori WhatsApp dengan Storage Management

Baca juga: iPhone 12 Rilis Akhir November 2020, Simak Prediksi Harganya di Indonesia

Oppo menutup lima besar daftar penguasa smartphone global dalam laporan ini dengan penjualan 29,8 juta dani penurunan pangsa pasar sebesar 2,3 persen.

Halaman
12
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved