Breaking News:

Antisipasi Banjir, Sistem Irigasi Pertanian di Kelurahan Marunda dan Kelurahan Rorotan Dibenahi

Antisipasi banjir di lahan pertanian dan penduduk, Sistem irigasi pertanian di Kelurahan Rorotan dan Marunda, Kecamatan Cilincing, diperbaiki

Penulis: Gerald Leonardo Agustino | Editor: Wahyu Septiana
Dok. Kecamatan Cilincing
Petugas dari Satpel SDA Kecamatan Cilincing tengah membenahi salah satu saluran irigasi pertanian di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (3/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Sistem irigasi pertanian di Kelurahan Rorotan dan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, tengah dibenahi.

Selain sebagai upaya memaksimalkan perairan di lahan pertanian, pembenahan ini juga merupakan bagian dari upaya pengendalian banjir di ke dua kelurahan tersebut.

Camat Cilincing Muhammad Andri mengatakan, pembenahan sistem irigasi ini merupakan tindak lanjut pertemuan pemerintah setempat dengan sebelas Kelompok Tani.

"Hasilnya kami merencanakan pembenahan sistem irigasi agar tidak terjadi banjir di lahan pertanian sehingga menghasilkan panen yang lebih maksimal sekaligus mengendalikan banjir di pemukiman penduduk," kata Andri, Kamis (3/12/2020).

Pembenahan sistem irigasi ini meliputi pembenahan saluran air Penghubung (Phb) Malaka.

Saluran Phb itu menuju ke Pintu Air Tambun Rengas sampai dengan Saluran Phb Armain di Kelurahan Rorotan dan Saluran Phb Armain sampai dengan Kali Blencong di Kelurahan Marunda.

Baca juga: Jadwal Liga Eropa Arsenal vs Rapid Wina: Disaksikan 2.000 Penonton

Andri mengatakan, pembenahan sistem irigasi ini ditargetkan rampung pada Maret 2021 mendatang.

Dalam dua pekan ke depan, pembenahan sistem irigasi bakal meliputi pemetaan saluran, identifikasi masalah, rapat koordinasi lintas sektor, penyusunan tahapan lokasi pengerjaan, dan penyusunan jadwal (timeline) kegiatan.

"Minggu ini kami akan menyusun rencana aksi pembenahan sistem irigasi ini, mulai dari pemetaan saluran, pengambilan gambar udara, sampai pada penjadwalan kegiatan pembenahan salurannya," jelasnya.

Baca juga: Mahasiswa 20 Tahun di Tabanan Coba Perkosa 4 Wanita di Pinggir Jalan, Ada Korban Emak-emak 51 Tahun

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Cilincing Tjahyo Budi Setiawan menuturkan bahwa sebagian besar sistem irigasi ini sudah baik.

"Namun, mesti ada pembenahan agar aliran air lebih lancar sehingga dapat mengendalikan banjir dan bermanfaat baik lahan pertanian," ucapnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved