Breaking News:

Wakil Wali Kota: Normalisasi Kali Bekasi Fase 1 Senilai Rp600 Miliar

Tri menjelaskan, proyek normalisasi Kali Bekasi bakal dilakukan sepanjang aliran sungai mulai dari Perumahan Pondok Gede Permai

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Aliran Kali Bekasi dekat Bendung Bekasi di Jalan Mayor M. Hasibuan Kota Bekasi salah satu titik yang akan dilakukan normalisasi.  

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, proyek normalisasi Kali Bekasi Fase 1 yang dilakukan pemerintah pusat telan anggaran sebesar Rp600 miliar.

"Jadi tetap rencana awal fase 1 yang dicanangkan BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane) kurang lebih sebesar Rp600 miliar," kata Tri saat dikonfirmasi, Minggu (6/12/2020).

Tri menjelaskan, proyek normalisasi Kali Bekasi bakal dilakukan sepanjang aliran sungai mulai dari Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) hingga ke Bendung Bekasi.

"Tahap awal ini dari PGP hingga Bedung Bekasi itu prioritasnya, panjangnya kurang lebih 12 kilometer," terang Tri.

Pemerintah Pusat melalui BBWSCC Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kata Tri, sejauh ini masih melakukan lelang.

"Mudah-mudahan sekarang dalam proses lelang sehingga nanti pertengahan Desember bisa terpilih siapa yang ditunjuk untuk melaksanakan proyek," tuturnya.

Rencana normaliasi lanjut dia, sudah dicanangkan sejak lama, tetapi seiring berjalannya waktu terdapat perubahan desain untuk penyesuaian kerusakan tanggul di Kali Bekasi.

"Seiring waktu itu kan kerusakannya bertambah, misalnya yang tadinya hanya 5 meter, sekarang masuk ke 7 meter," terangnya.

Lalu juga terjadi perubahan kontur tanah di sekitar lokasi normalisasi Kali Bekasi, terdapat beberapa tanggul yang tampak masih kokoh tetapi dalamnya mulai terkikis.

"Jadi perlu ada penyesuaian dari desian normliasinya, mudah-mudahan ketika nanti sudah terpilih (pelaksana proyek), bisa langsung dilakukan pekerjaan fisiknya," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved