Breaking News:

Normalisasi Kali Sabi Tangerang Mengantisipasi Datangnya Bencana Banjir

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Slamet Budhi menjelaskan, normalisasi sebagai bentuk antisipasi datangnya banjir

TribunJakarta/Ega Alfreda
Normalisasi Kali Sabi di Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, untuk antisipasi datangnya bencana banjir di musim hujan, Senin (14/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA DUA - Pemerintah Kabupaten Tangerang mulai mengantisipasi datangnya musim hujan disusul dengan banjir seperti awal tahun 2019.

Seperti yang terjadi di bilangan perbatasan Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang yakni normalisasi Kali Sabi di Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Slamet Budhi menjelaskan, normalisasi sebagai bentuk antisipasi datangnya bencana banjir.

"Panjang sungai yang dinormalisasi kurang lebih 1.900 meter persegi dan lebar sungai delapan meter," ujar Slamet Budhi, Senin (14/12/2020).

Ia melanjutkan, pekerjaan normalisasi sudah berjalan lima hari.

Pengerukan setiap harinya sekira 100 meter untuk satu alat berat, dan akan menurunkan dua alat berat untuk 15 hari kerja untuk membersihkan dan mengeruk Kali Sabi.

"Setiap musim hujan tiba, Kali Sabi ini sering meluap, karena itu kami melakukan normalisasi terutama dititik simpul banjir mengeruk lumpur yang dangkal," ungkap Budhi.

Baca juga: Belum Reda Perselisihan dengan Keluarga Sule, Teddy Pardiyana Kini Dikabarkan Menikah Lagi

Baca juga: Simpatisan Rizieq Shihab, Pemuda yang Ancam Penggal Kepala Polisi Ditangkap di Jakarta Barat

Baca juga: Tersesat Lihat Google Maps, Korban Tenggelam di Kali Bekasi Masuk Jalur Tol Jakarta Cikampek

Sementara, Kabid SDA Dinas Bina Marga dan SDA Kabupaten Tangerang Dedi Sukardi menambahkan, rencana normalisasi Kali Sabi sepanjang 1,9 kilometer.

Dengan lebar delapan meter dan waktu rencana kerja 15 hari kerja.

"Jumlah alat berat yang kita turunkan untuk pengerukan Kali Sabi ada dua, berjenis ampibi seberat 24 ton," ujar Dedi.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved