Breaking News:

Mengenal Window Dressing Demi Dapat Cuan Bagi Investor Pemula

Bagi para investor pasti sudah tidak asing dengan istilah window dressing. Bagi para investor pemula mungkin asing dengan istilah window dressing.

Shutterstock via Kompas
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Mengenal window dressing untuk investor pemula yang baru saja bermain saham

Ngurah Warman CFP perencana  keuangan Finansialku.com menjelaskan bahwa window dressing merupakan salah satu  “event” tahunan maupun kuartal.

Biasanya para manajer investasi yang mengelola dana  besar untuk merapikan portofolio sehingga terlihat menarik kinerjanya.

Penilaian kinerja  portfolio berpatokan pada posisi akhir tahun, akhir bulan maupun akhir kuartalan. Namun,  window dressing lebih populer dilakukan menjelang akhir tahun. 

Menurutnya, waktu yang pas untuk investor pemula berinevstasi adalah kapan saja, asalkan  sudah paham soal tujuan keuangannya dan dana yang digunakan untuk investasi merupakan  dana dingin atau dana yang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

FOLLOW JUGA:

"Jika momen  window dressing dikaitkan dengan apakah saat yang tepat untuk berinvestasi maka  jawabannya dalam jangka pendek ada peluang kenaikan, namun bagi para investor saham  jangka panjang kapanpun adalah saat yang tepat untuk berinvestasi asalkan saham yang  dipilih sudah benar secara fundamental," imbuh Ngurah dalam keterangan resminya pada Selasa (15/12).

Bagi para investor pemula membeli saham saat window dressing yakni membeli  saham-saham yang masuk kategori big cap atau blue chip.

Mengingat saham jenis ini yang  lebih diincar ketika window dressing.

Pada saat fenomena window dressing ini banyak saham  menjadi penggerak utama IHSG.

Efeknya adalah sejumlah saham dapat mengalami kenaikan  diatas 5-10% dalam satu hari perdagangan bursa.

Namun, pastikan bagi para investor pemula  untuk cermat dalam memimillih saham dan tetap mempertimbangkan fundamental dan  teknikal saham yang dipilih. (*)

Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved