Breaking News:

Jangkau Satu Juta Perempuan, Pita Putih Indonesia: Jangan Ada Lagi Kematian Ibu Saat Melahirkan

"Jangan ada lagi wanita yang meninggal dalam membawa kehidupan baru ke dunia," kata Giwo kepada Tribun, Rabu (16/12/2020).

ISTIMEWA
Ketua Umum Pita Putih Indonesia (PPI) Giwo Rubianto Wiyogo saat menghadiri pemberian penghargaan dan seminar PPI, Selasa (15/12/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Pita Putih Indonesia (PPI) Nasional Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd menjelaskan, PPI terus mendorong pencegahan kematian ibu bayi baru lahir dan anak (KIBBLA).

Giwo mengakui masih banyak masalah yang dialami perempuan dan anak-anak Indonesia.

Mulai dari tingginya angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir, prevalensi anemia, malnutrisi, tingkat prevalensi kontrasepsi yang rendah dan perkawinan anak.

"Jangan ada lagi wanita yang meninggal dalam membawa kehidupan baru ke dunia," kata Giwo kepada Tribun, Rabu (16/12/2020).

Menurutnya, Pita Putih Indonesia memberikan konstribusi dalam penurunan angka kematian ibu melahirkan.

Dirinya menjelaskan, ada target dengan kerjasama yang kuat untuk mencapai target SDGs 30.

"Untuk itu PPI memfokuskan kegiatan pada advokasi, edukasi masyarakat, membangun kemitraan dan memperkuat keterlibatan remaja dalam mencapai dan mengkampanyekan kesehatan dan Self-care," kata Giwo.

Menurutnya, PPI menjangkau lebih dari satu juta wanita dan keluarga di delapan provinsi dengan pesan-pesan tentang kesiapan persalinan, kesiapan komplikasi, dan keluarga berencana.

Dalam beberapa tahun terakhir menjangkau 300.000 anak perempuan, perempuan, dan keluarga di empat provinsi dengan gerakan masyarakat hidup sehat, pencegahan kekerdilan, percepatan penurunan AKI, "self-care", dan anemia.

Selanjutnya, memobilisasi 130 desa siaga, suatu inisiatif yang melatih dan memobilisasi anggota masyarakat untuk mendukung ibu hamil dengan jangan sampai mengalami tiga terlambat.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved