Breaking News:

Pembangunan WC Ratusan Juta, Begini Rincian Biaya Versi Dinas Cipta Karya Kabupaten Bekasi

Biaya ratusan juta untuk tiap proyek WC di sekolah dihitung per meter senilai Rp5,8 juta. Angka itu sudah termasuk pajak sebesar 12 persen.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Penampakan proyek pembangunan WC di SDN Mangunjaya 04 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi senilai Rp196,8 juta. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG UTARA - Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi menilai, anggaran pembangunan water closet (WC) di sejumlah sekolah sudah sesuai dengan perhitungan biaya.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Bangunan Negara Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Benny Sugiarto Prawiro saat mendampingi Bupati meninjau SDN Karangraharja 02, Cikarang Utara, Selasa (15/12/2020).

Berdasarkan data di situs lpse.bekasikab.go.id, salah satu sekolah yang menerima kegiatan pembangunan WC yakni, SD Negeri Magunjaya 04, Jalan Kedondong, Kecamatan Tambun Selatan senilai Rp196,8 juta.

Dalam situs itu juga disebutkan, pagu anggaran yang disediakan mencapai Rp198,5 juta hanya untuk sarana penunjang toilet sekolah.

Pemkab Bekasi juga melakukan kegiatan serupa di SMP Negeri 4 Cikarang Barat. Nilai anggaran yang dihabiskan untuk membangun sarana penunjang pendidikan di lingkungan sekolah ini tidak jauh berbeda yakni, Rp196,9 juta.

Benny mengatakan, biaya ratusan juta untuk tiap proyek WC di sekolah dihitung per meter senilai Rp5,8 juta. Angka itu sudah termasuk pajak sebesar 12 persen.

"Jadi kita hitung harga satuan per meter persegi dengan bangunan tidak tingkat dan sederhana itu Rp 5,8 juta. Jika tanpa pajak sekitar Rp4,3 juta," kata Benny.

Pembangunan WC seharga Rp196 juta di tiap sekolah lanjut dia, memiliki luas bangunan 3,5 x 3,6 meter ditambah selasar 14 meter sehingga total luasnya 35,8 meter persegi.

"Karena luasan bukan hanya untuk toilet ini, tapi ada biofilter, toren, dan westafel pijak, kita terdesain terpisah dari bangunan utama. Karena persyaratan seperti itu, untuk penanganan virus (Covid-19)," terang Benny.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved