Breaking News:

Perkara Surat Jalan Palsu Djoko Tjandra

Jelang Sidang Vonis Kasus Surat Jalan Palsu, Djoko Tjandra Pasrah

putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam kasus surat jalan palsu yang menjerat Djoko Tjandra.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Djoko Tjandra saat memberi keterangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (22/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Djoko Tjandra mengaku pasrah menghadapi putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam kasus surat jalan palsu yang menjeratnya.

Dikonfirmasi sebelum sidang berjalan di ruang utama Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Djoko menyatakan siap menghadapi vonis Majelis Hakim.

"Terserah apa yang terjadi saja. Kalau lihat di fakta-fakta (persidangan) mustinya ya, mustinya kan harusnya bebas. Tapi Majelis Hakim punya penilaian," kata Djoko di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (22/12/2020).

Djoko yang didakwa menggunakan surat jalan palsu saat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pontianak pada Juni 2020 lalu mengaku tak pernah melihat surat dimaksud.

Sementara dalam dakwaan surat jalan palsu tersebut digunakan karena saat kejadian dia masih berstatus buronan kasus hak tagih Bank Bali tahun 1999.

Menurutnya sejak tingkat penyidikan yang ditangani Bareskrim Polri hingga tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadapnya tidak sesuai fakta.

"Saya lihat (surat jalan) aja enggak pernah gimana gunakan. saya di Malaysia kapan saya lihat di Indonesia punya surat kayak gitu jadi kita di Malaysia," ujarnya.

Sebagai informasi dalam kasus ini Djoko dijerat pasal 263 ayat 1 KUHP tentang Pemalsuan Surat, juncto 55 ayat KUHP, juncto pasal 64 KUHP.

Dia dituntut dua tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang beranggotakan Jaksa Kejari Jakarta Timur dan Kejaksaan Agung.

Pantauan wartawan TribunJakarta.com, hingga pukul 11.49 WIB sidang putusan yang dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 WIB belum dimulai.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved