Breaking News:

Natal dan Tahun Baru 2021

Pembatasan Kapasitas Gereja, Polisi Pantau Kerumunan Selama Misa Natal di Tangerang Selatan

700 personel gabungan, termasuk dari Polisi dan TNI akan mengamankan jalannya misa Natal di Tangerang Selatan

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Wakapolres Tangsel, Kompol Stephanus Luckyto, di Gereja Santo Laurensius, Pakulonan, Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (24/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG UTARA - Sebanyak 700 personel gabungan, termasuk dari Polisi dan TNI akan mengamankan jalannya misa Natal yang digelar secara tatap muka di 102 gereja di Tangerang Selatan (Tangsel).

Wakapolres Tangsel, Kompol Stephanus Luckyto, mengatakan, ratusan personel itu bukan hanya bertugas mengamankan jalannya perayaan hari kelahiran Yesus Kristus saja, melainkan juga mengawasi penerapan protokol kesehatan saat misa.

Luckyto mengatakan, sampai saat ini, gereja yang melaksanakan misa malam Natal  sudah mematuhi protokol kesehatan, utamanya terkait jumlah jemaat yang dibatasi sesuai kapasitas ruang ibadah.

"Yaitu salah satunya adalah hanya 20 persen kapasitas gereja untuk umat yang melaksanakan ibadah secara offline di gereja," ujar Luckyto di Gereja Santo Laurensius, Pakulonan, Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (24/12/2020).

Misa yang digelar juga disiarkan secara langsung melalui kanal virtual demi menjamah jemaat yang tidak bisa datang ke gereja. 

Jika protokol kesehatan, terutama terkait kerumunan, terjadi saat peribadatan, Luckyto mengatakan pihaknya akan menindak tegas dengan memberikan peringatan keras kepada pengurus gereja.

"Kami akan memberikan peringatakan keras kepada pengurus gereja untuk bisa mematuhi aturan aturan peribadatan secara offline," ujarnya. 

Bagi Luckyto, protokol kesehatan wajib dilaksanakan tanpa terkecuali.

Ancaman penularan Covid-19 masih sangat tinggi, terutama pada kerumunan.

Ia tidak ingin ada klaster penularan Covid-19 baru usai perayaan Natal.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved