Breaking News:

Tiket.com Catat Peningkatan Transaksi Akhir Tahun, Pemesanan Hotel Naik 118% dari Program OTW Lokal

Tiket.com mengumumkan adanya peningkatan transaksi di akhir tahun ini pasca digelarnya program Online Tiket Week (OTW) Lokal.

KONTAN/Jane Aprilyani
ILUSTRASI. Tiket.com 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Perusahaan Online Travel Agent (OTA) Tiket.com mengumumkan adanya peningkatan transaksi di akhir tahun ini pasca digelarnya program Online Tiket Week (OTW) Lokal.

Online Tiket Week Lokal merupakan pesta diskon akbar tahunan yang digelar selama sepekan pada akhir November lalu.

Tujuannya, ntuk mendorong angka transaksi industri pariwisata khususnya dalam rangka pemulihan sektor pariwisata setelah pandemi Covid-19.

"Rangkaian prestasi yang diukir pada kuarta 4, tingkat pemulihan okupansi sektor perhotelan meningkat 67% dan transaksi harian pemesanan tiket pesawat pun terbang setinggi 56% dibandingkan dengan data kuartal 3 tahun 2020," kata Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com dalam keterangan resminya.

Ia memaparkan, berdasarkan data jadwal pemesanan, sebesar 77% dari keseluruhan transaksi pada program OTW Lokal dibeli oleh pelanggan untuk berlibur pada awal Desember.

Kemudian sebesar 19% memilih berlibur tahun baru hingga pertengahan Januari 2021, dan sisanya memutuskan melakukan perjalanan setelah Januari 2021. 

Adapun pada kuartal ke 4 tahun ini yakni di bulan November 2020 permintaan pemesanan hotel di berbagai destinasi wisata seperti Bali dan Yogyakarta, berhasil memecahkan rekor transaksi bulanan tertinggi sepanjang tahun. 

Dimana transaksi harian pemesanan hotel melonjak mencapai 118% bila dibandingkan seminggu sebelum periode digelarnya OTW Lokal.   

"Untuk hotel-hotel terpopuler, itu yang terletak di kota-kota wisata favorit seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta," katanya.

Selain itu lonjakan transaksi juga terjadi pada pemesanan tiket pesawat.

Tiket.com mencatat, transaksi harian pembelian tiket pesawat naik tajam hingga 60% dibandingkan seminggu sebelum ajang OTW Lokal berlangsung. 

79% diantaranya dipesan untuk liburan awal Desember ini ke 5 destinasi wisata yakni Surabaya, Medan, Bali, Makassar, dan Yogyakarta.

Sementara 20% adalah untuk liburan perayaan tahun baru yang diteruskan hingga pertengahan Januari 2021.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved