Breaking News:

Sumur Resapan di Jalan DI Panjaitan Dicoba, Mampu Serap 2 Ribu Liter Air dalam Waktu 6 Menit

Pemkot Jaktim melakukan uji coba sumur resapan di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara, hasilnya 2 ribu liter mampu terserap dalam 6 menit.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat meninjau uji coba sumur resapan di Jl DI Panjaitan, Senin (28/12/2020). Pemkot Jaktim melakukan uji coba sumur resapan di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara, hasilnya 2 ribu liter mampu terserap dalam 6 menit. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Pemkot Jakarta Timur melakukan uji coba sumur resapan garapan Sudin Sumber Daya Air (SDA) di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan uji coba dengan menggelontorkan air dari mobil pompa Damkar ke sumur sebagai antisipasi banjir.

"Tadi hasilnya 2.000 liter dalam jangka waktu enam menit terserap. Kita bisa prediksi satu sumur menampung 10 ribu liter," kata Anwar di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (28/12/2020).

Perkirakan kapasitas daya serap berdasar pada kedalaman sumur yang berkisar 20 meter dengan diameter satu meter, pun ukuran di masing-masing lokasi berbeda.

Jalan DI Panjaitan sendiri dipilih jadi lokasi pembangunan karena ketinggian banjir yang merendam berkisar 60 sentimeter sehingga membuat akses jalan lumpuh.

Tampak sumur resapan di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (28/12/2020).
Tampak sumur resapan di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (28/12/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

"Sumur resapan tersebut guna menampung debit air dari saluran air permukiman warga dan limpahan saat Kali Cipinang sudah penuh. Jadi tidak membanjiri jalan," ujarnya.

Anwar menuturkan dalam pembangunan sumur pihaknya melibatkan pengelola kantor di Jalan DI Panjaitan atau secara corporate social responsibility (CSR).

Selain mencegah banjir, pembangunan sumur resapan untuk mencegah penurunan tanah berkurangnya air dari dalam tanah atau penggunaan berlebih.

Baca juga: FAKTA Siswi Kelas 1 SMP Hamil 6 Bulan di Lampung: Perut Sudah Membesar, Dirudapaksa Sejak 2015

"Di sepanjang Jl DI Panjaitan hingga Jl MT Haryono juga ada 30 gedung perkantoran pemerintah/swasta. Mereka kita minta membangun sumur resapan baik di dalam area gedung maupun di luar gedung," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved