Virus Corona di Indonesia

Terlanjur Mendarat Lewat Pukul 06.00 WIB Hari Ini, WNA Diminta Kembali ke Luar Indonesia

Warga negara asing resmi dilarang masuk ke Indonesia mulai Jumat (1/1/2021) hingga 14 Januari.

Editor: Y Gustaman
Istimewa
Penumpukan WNA di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (28/12/2020). Warga negara asing resmi dilarang masuk ke Indonesia mulai Jumat (1/1/2021) hingga 14 Januari. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Warga negara asing resmi dilarang masuk ke Indonesia mulai Jumat (1/1/2021) hingga 14 Januari.

Hal ini merujuk Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Kepala Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Pas M.A Silaban mengatakan, pada hari ini diberikan dispensasi bagi WNA yang mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk diperbolehkan masuk ke Indonesia sejak pukul 00.00-06.00 WIB.

Namun, setelah melewati periode atau waktu tersebut, lanjut dia, dipastikan WNA tersebut harus terbang kembali ke luar Indonesia.

“WNA tersebut akan diminta untuk kembali terbang keluar dari Indonesia, dan akan kami pastikan hal tersebut," kata Silaban melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat.

Baca juga: Mulai Hari Ini Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Naik, Bagaimana Dengan Kelas I dan II?

Kendati WNA seluruh negara dilarang masuk ke Indonesia, namun terdapat pengecualian.

Berdasarkan surat edaran yang diterbitkan Satgas Covid-19 disebutkan bahwa pelaku perjalanan WNA dari luar negeri yang dikecualikan harus mengantongi pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang kartu izin tinggal terbatas (KITAS), dan kartu izin tinggal tetap (KITAP).

“Sesuai SE Nomor 04/2020, dilakukan penutupan sementara masuknya WNA dari semua negara ke Indonesia baik itu penerbangan langsung atau transit. Terdapat pengecualian yakni bagi pemegang visa diplomatik dan visa dinas yang terkait kunjungan resmi pejabat asing setingkat menteri ke atas, masih diperbolehkan masuk ke Indonesia,” ujar Silaban.

“Personel di Bandara Soekarno-Hatta akan memastikan hal ini, bahwa WNA yang dikecualikan dapat masuk ke Indonesia,” sambung dia.

Baca juga: Tiga Bulan Menikahi Nikita Willy, Indra Priawan Semringah Beberkan Kebahagiaan Ini: Akhirnya!

Baca juga: Tega Perkosa Anak Kandung Sejak 2015 Karena Istri Sakit Jantung, Pelaku: Saya Juga Ancam Anak Saya

Baca juga: Rayakan Pergantian Tahun di Bali, Nikita Mirzani Kangen Pakai Bikini: di Jakarta Semua Serba Ditutup

Diketahui, Pemerintah Indonesia resmi melarang Warga Negara Asing masuk ke Indonesia untuk sementara waktu.

Larangan ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada konfrensi pers pada Senin (28/12/2020) lalu.

Keputusan tersebut dipertegas lantaran akibat munculnya varian baru mutasi virus Covid-19 di Inggris yang memiliki daya tular sangat cepat dan telah menyebar hingga ke Malaysia.

Pemerintah mewajibkan WNA yang tiba di Indonesia sejak 28-31 Desember untuk menunjukkan hasil negatif tes usap (PCR) dari negara asal yang berlaku, maksimal 2x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Apabila hasil tesnya negatif, maka WNA diwajibkan melakukan karantina dengan biaya sendiri selama lima hari terhitung sejak tanggal kedatangan.

Pihak Satgas Covid-19 bersama dengan PHRI telah menyiapkan sejumlah hotel yang digunakan untuk karantina tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul  Hari Ini, WNA Diminta Kembali ke Luar Indonesia Jika Mendarat Lewat Pukul 06.00 WIB

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved