Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Pelanggar Protokol Kesehatan di Kalisari Jalani Tes Swab Antigen

Dalam razia masker yang dilakukan di Jalan Pertigaan Gentong, RT 04/RW 11, Kelurahan Kalisari pada Jumat (8/1/2021) sore tercatat 21 terjaring.

istimewa
Petugas Puskesmas Pasar Rebo saat melakukan tes swab antigen terhadap pelanggar protokol kesehatan di Jalan Petigaan Gentong, Jakarta Timur, Jumat (8/1/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur mencatat lonjakan kasus pelanggaran protokol kesehatan.

Dalam razia masker yang dilakukan di Jalan Pertigaan Gentong, RT 04/RW 11, Kelurahan Kalisari pada Jumat (8/1/2021) sore tercatat 21 terjaring.

Kasatpol PP Kecamatan Pasar Rebo M Syarief mengatakan jumlah tersebut melonjak tiga kali lipat dari yang biasanya berkisar empat sampai tujuh pelanggar.

"10 orang tidak memakai masker membawa KTP, 6 orang tidak membawa KTP. 5 orang langsung melakukan tes swab antigen di lokasi," kata Syarief saat dikonfirmasi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (8/1/2021).

Swab antigen yang dilakukan jajaran Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo saat razia masker ini sebagai tindak lanjut dari meningkatnya jumlah pelanggar.

Dalam razia masker sebelumnya pelanggar protokol kesehatan cukup memilih membayar denda administrasi atau kerja sosial sebagai sanksi.

"Swab ini dilakukan secara acak kepada pelanggar, hasilnya semua negatif (Covid-19). Untuk sanksi 21 pelanggar yang terjaring memilih melakukan kerja sosial di lokasi," ujarnya.

Syarief menuturkan swab tes antigen yang hasil pemeriksaannya lebih akurat dari rapid test antibodi juga bertujuan sebagai deteksi dini Covid-19 terhadap warga.

Sementara pelaksanaan razia masker yang melibatkan 20 petugas gabungan tiga pilar Kecamatan Pasar Rebo pada sore hari dipilih karena banyak warga beraktivitas.

Baca juga: Interaksi dalam Kehidupan Sosial, Menentukan Sikap dalam Ladang Ketersinggungan

Baca juga: 7 Obat Tradisional Penghilang Bopeng Bekas Jerawat, Aman untuk Kulit Wajah

Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021, Ada Peluang Dapat Intensif Rp 3,5 Juta

"Kami berharap warga jadi lebih disiplin dalam protokol kesehatan. Jangan karena ada petugas saja memakai masker, tetapi jika tidak ada operasi tidak memakai masker,” tuturnya.

Hingga Kamis (7/1/2021) jumlah kasus Covid-19 di Kecamatan Pasar Rebo sebanyak 2.799, jumlah itu akumulasi sejak pandemi melanda Maret 2020 lalu.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved