Breaking News:

Antisipasi VIrus Corona di DKI

Tahap Pertama Pembangunan, Dua Hektar Lahan TPU Rorotan Bisa Tampung 5.000 Makam

TPU Rorotan siap digunakan sebagai pemakaman khusus jenazah Covid-19, dua hektar lahan siap digunakan, maka daya tampungnya bisa 5.000 makam

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Suasana di lahan pembangunan TPU khusus Covid-19 di Jalan Rorotan IX, RT 03 RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (6/1/2021). TPU Rorotan siap digunakan sebagai pemakaman khusus jenazah Covid-19, dua hektar lahan siap digunakan, maka daya tampungnya bisa 5.000 makam 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan di Jalan Rorotan IX RT 03 RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, siap digunakan sebagai pemakaman khusus jenazah Covid-19.

Dari total 25 hektar lahan yang ada di lokasi, dua hektar di antaranya sudah dibangun guna penanganan Covid-19 ini.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara Putut Widya Martata mengatakan, dua hektar lahan yang sudah disiapkan itu merupakan tahap pertama dari rencana pembangunan keseluruhan lahan.

"Total keseluruhan lahan di sini 25 hektar. Jadi rencana tahap pertama ini lahan yang kita urug sebesar dua hektar," kata Putut, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Putut, sedikitnya 8.000 meter persegi dari total dua hektar lahan telah siap digunakan dan mampu menampung sekitar 1.500 makam

Apabila seluruh lahan yang berjumlah dua hektar tersebut sudah siap digunakan, maka daya tampungnya bisa untuk 5.000 makam.

Suasana di lahan pembangunan TPU khusus Covid-19 di Jalan Rorotan IX, RT 03 RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (6/1/2021).
Suasana di lahan pembangunan TPU khusus Covid-19 di Jalan Rorotan IX, RT 03 RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (6/1/2021). (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

"Untuk yang 8.000 meter persegi sudah siap digunakan. Sedangkan untuk dua hektar lahan pada tahap pertama diestimasi dapat menampung hingga 5.000 jenazah," kata Putut.

Baca juga: Kafe Baklava Mardin Pertama Hadir di Kemang: Buka saat Pandemi Jadi Langganan Para Dubes

Meski demikian, hingga kini jadwal pasti penggunaan TPU Rorotan untuk jenazah Covid-19 masih menunggu kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sembari menunggu keputusan dari Pemprov, penggarapan lahan terus dilakukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air mulai dari kelurahan, kecamatan hingga kota.

Begitu pun kolaborasi dari sejumlah stakeholder dan masyarakat sekitar lokasi yang mendukung adanya penggarapan lahan TPU Rorotan untuk pemakaman Covid-19.

Baca juga: Masuk Bali Bisa Pakai Rapid Test Antigen, Simak 6 Aturan yang Harus Dipatuhi Sebelum ke Pulau Dewata

"Penggarapan lahan ini menjadi bukti kolaborasi kami untuk kepentingan masyarakat," tutup dia.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved