Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Digunakan Sejak Kemarin, 3 Alat Canggih KNKT Diterjunkan Bantu Cari Black Box Sriwijaya Air

KNKT menggunakan alat canggih untuk menemukan blackbox milik pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182, alat itu adalah Pinger Finder.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Kepala KNKT, Soerjanto Tjahjono di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/1/2021). KNKT menggunakan alat canggih untuk menemukan blackbox milik pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182, alat itu adalah Pinger Finder. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menggunakan alat canggih untuk menemukan black box milik pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182.

Kepala KNKT, Soerjanto Tjahjono mengatakan alat canggih tersebut adalah pinger finder.

Soerjanto meneruskan pihaknya telah mengerahkan beberapa penyelam yang membawa pinger finder tersebut untuk mendeteksi kotak hitam alias black box dari pesawar Sriwijaya Air.

"Mulai kemarin sore melakukan penyelaman menggunakan pinger finder, tapi karena sempat hujan deras kemarin sore kita hentikan karena membahayakan penyelam," ujar Soerjanto di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/1/2021).

Ia melanjutkan, KNKT menerjunkan tiga alat pinger finder untuk mempercepat proses pencarian black box Sriwijaya Air.

Pasalnya, dalam pencarian, telah dibuat triangle atau segitiga yang dilacak terdapat sinyal dari black box yang tertangkap pinger finder.

"Sekitar jam 8 malam turun penyelam membuat triangle untuk mempersempit area black box, tadi malam sudah bisa diselesaikan," sambung Soerjanto.

Baca juga: Amankan 50 Orang, Polisi Ungkap Praktik Prostitusi di Apartemen Green Pramuka

Untuk mempercepat evakuasi, KNKT akan turunkan Kapal Baruna Jaya 4.

Pasalnya, kedua black box Sriwijaya Air tersebut sangat vital dan penting untuk ditemukan untuk bahan investigasi penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved