Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Mengenal KRI Rigel 933, Kapal Buatan Prancis Penemu Lokasi Black Box Sriwijaya Air SJ-182

KRI Rigel 933 memiliki peran penting dalam melacak keberadaan lokasi black box Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu.

TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
KRI Rigel 933 di atas perairan Kepulauan Seribu membantu melacak keberadaan black box Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 pada Selasa (12/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU - KRI Rigel 933 memiliki peran penting dalam melacak keberadaan lokasi black box Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu.

Kapal buatan Prancis ini berhasil melacak lokasi keberadaan pesawat tersebut yang jatuh di laut.

Berdasarkan informasi dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut, KRI Rigel dilengkapi berbagai perlengkapan canggih.

Kapal ini memiliki kemampuan Multibeam Shallow and Deep dengan kedalaman mencapai 6.000 meter.

Selanjutnya, KRI Rigel memiliki ROV (Remotely Operated Underwater Vehicle), semacam robot yang memiliki daya selam dengan kedalaman mencapai 1000 meter.

Teknologi ROV sempat digunakan saat proses pencarian pesawat Sriwijaya Air di dalam laut. Alat semacam robot ini merekam dengan kamera di dalam laut.

Ada juga Autonomous Underwater Vehicle (AUV) Kongsberg Hugin yang memiliki daya selam dengan kedalaman 1.000 meter.

Alat tak berawak berukuran mirip kapal selam mini ini bisa melacak keberadaan ranjau, intelijen dan peperangan anti-kapal selam. Robot bawah ini terkoneksi dengan Kapal Rigel 933.

Kemudian, kapal ini dilengkapi dengan magnometer. Alat ini dapat mendeteksi benda-benda atau lokasi yang memiliki unsur magnet di bawah laut.

Halaman
12
Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved