Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Hampir Penuh, Kota Bekasi Tambah Kapasitas RSD Stadion Patriot

Pemkot Bekasi menambah kapasitas tempat tidur isolasi untuk penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Stadion Patriot Candrabhaga.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Stadion Patriot Candrabhaga di Jalan Jenderal Ahamad Yani, Bekasi Selatan saat digunakan sebagai RS Darurat penanganan Covid-19. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menambah kapasitas tempat tidur isolasi untuk penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Stadion Patriot Candrabhaga.

Hal ini dilakukan menyusul peningkatan kasus Covid-19 yang menyebabkan ruang ICU dan ruang rawat inap isolasi di sejumlah rumah sakit hampir penuh.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan penambahan kapasitas RSD Stadion Patriot dari yang semula 55 tempat tidur menjadi 65 tempat tidur.

"Kita lakukan penambahan di RSD Stadion Patriot, di Gate 7 dibuka ruang isolasi baru untuk penanganan pasien Covid-19," kata Rahmat.

Penambahan kapasitas tempat tidur di RSD Stadion Patriot tidak hanya sampai di situ, Pemkot Bekasi berencana menambah 19 tempat tidur lagi untuk mengantisipasi lonjakan kasus.

"Kemarin sudah ada penambahan dan beroperasi, tinggal 19 tempat tidur lagi kalau enggak salah untuk di RSD Stadion agar kapasitasnya meningkat," jelas dia.

Disamping itu, Pemkot Bekasi juga masih mengupayakan percepatan operasional RSUD Tipe D Bekasi Utara untuk penanganan pasien Covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Meroket Setelah Sepekan PPKM,Wagub DKI Ariza Bocorkan 4 Faktor Penyebabnya

"Harusnya Minggu kemarin sudah dibuka, tapi karena ada kendala di tahap penganggarannya, tapi penganggarannya saya lihat sudah selesai tinggal pengadaannya ini harus cepat," tegas dia.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi Rina Oktavia mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun, tingkat keterisian ICU untuk penanganan Covid-19 di rumah sakit mencapai 100 persen.

"ICU isolasi untuk penanganan Covid-19 di seluruh rumah sakit Kota Bekasi sebanyak 85 tempat tidur, saat ini kapasitas yang tersesia nol atau terisi semua," kata Rina saat dikonfirmasi.

Sementara untuk keterisian ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di rumah sakit Kota Bekasi, saat ini sebanyak 1492 tempat tidur dari total 1605 kapasitas yang ada.

Baca juga: Tersandung Kasus Video Syur Bareng MYD, Apa Gempi Tahu? Gisel: Dia Nontonnya Itu-itu Aja

"Isolasi yang kosong ada 113 tempat tidur per hari ini," jelasnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved