Breaking News:

BNN Sita 53 Kilogram Sabu dari Jaringan Internasional, Penyelundupan Bermodus Plastik Biskuit

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan penyelundupan sabu seberat 53,05 kilogram dari dua kasus pengedar jaringan internasional.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
Istimewa
Barang bukti 53 kilogram sabu yang disita BNN dari dua sindikat pengedar sabu internasional saat dihadirkan dalam ungkap kasus di kantor BNN, Selasa (19/1/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan penyelundupan sabu seberat 53,05 kilogram dari dua kasus pengedar jaringan internasional.

Kepala BNN Komjen Petrus Reinhard Golose mengatakan dalam kasus pertama jajarannya bekerja sama dengan Bea Cukai guna meringkus tiga tersangka.

"Kasus Pertama BNN bekerja sama dengan Bea Cukai meringkus tiga pria berinisial Al, AS, dan D dengan barang bukti sabu seberat 42,43 kilogram," kata Petrus di kantor BNN Cawang, Selasa (19/1/2021).

Ketiganya ditangkap pada Minggu (10/1) di wilayah Selat Makasar, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah saat hendak melakukan pengiriman sabu.

Sabu tersebut awalnya dibawa dari wilayah perairan Malaysia menggunakan satu kapal motor menuju Indonesia lewat wilayah Selat Makasar.

"Dari sebuah kapal motor kami menemukan tiga karung plastik berisi 40 bungkus sabu seberat 42,43 kilogram," ujarnya.

Dalam kasus kedua dengan barang bukti sabu sebanyak 10,62 kilogram Petrus menuturkan jajarannya meringkus seorang kurir berinisial J alias OKD.

Baca juga: Driver Ojol Provokasi Pengendara Fortuner Sebelum Dikeroyok: Gebrak Kap Mobil, Acungkan Jari Tengah

J dibekuk pada Selasa (12/1/2021) lalu setelah jajaran BNN mendapat informasi pelaku terlibat dalam sindikat peredaran sabu dari Bagan Siapiapi, Riau ke Jakarta.

"Kurir tersebut diamankan di parkiran Rusun Kapuk Muara, Jakarta Utara. Barang bukti disembunyikan dalam enam bungkusan biskuit seberat 6,34 kilogram," tuturnya.

Tak berhenti di situ, Petrus mengatakan hasil penggeledahan jajarannya di unit Rusun hunian J mendapati barang bukti sabu sebanyak 4,28 kilogram.

Dalam penggeledahan tersebut jajaran BNN juga mengamankan dua buah plastik klip berisi sabu masing-masing seberat 0,27 gram dan 0.28 gram.

Baca juga: Sempat Berpapasan dan Terekam CCTV, Pencuri Motor di Bintara Gasak Motor Jamaah Masjid

"Keseluruhan tersangka yang sudah ditahan dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika," sambung dia.

Para tersangka terancam hukuman mati atau penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat enam tahun penjara, sementara paling lama 20 tahun penjara.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved