Breaking News:

Pedagang Daging Sapi di Bekasi Meradang: Harga Jual Tinggi, Sulit Dapat Untung

Mogok dagang dilakukan pedagang daging sapi di wilayah Kota Bekasi, seperti yang terjadi di Pasar Kranji Baru, Jalan Patriot, Kecamatan Bekasi Barat

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Suasana lapak pedagang daging sapi di Pasar Kranji Baru, Jalan Patriot, Bekasi Barat saat mogok dagang, Rabu (20/1/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI BARAT - Mogok dagang dilakukan pedagang daging sapi di wilayah Kota Bekasi, seperti yang terjadi di Pasar Kranji Baru, Jalan Patriot, Kecamatan Bekasi Barat, Rabu (20/1/2021).

Rudi (34), pedagang daging sapi di Pasar Kranji Baru mengatakan, mogok dagang dilakukan lantaran harga jual yang sulit untung.

"Sekarang karkasnya naik sudah Rp90.000-an per kilogram, kalau dari karkas paling dagingnya sekian persentasenya enggak masuk," kata Rudi di kiosnya.

Karkas daging sapi merupakan satuan yang biasa digunakan pedagang pasar ketika membeli dari rumah pemotongan hewan (RPH).

Rudi menjelaskan, dalam satu kilo karkas, persentase daging utuhnya hanya sekitar 40 persen dengan selebihnya berupa tulang, tetelan dan sebagainya.

"Kan dipecah ada tulang iga, ada sumsum ada tetelan, ada dagingnya berapa kilo, nah kalau harga jual per kilo daging Rp120.000 kita susah untungnya," terang dia.

Kenaikan harga karkas daging sapi kata dia, sudah mulau mengalami kenaikan cukup lama sejak momentum Natal 25 Desember 2020 lalu.

Sebelumnya, Rudi memiliki perhitungan modal Rp110.000 per kilogram daging sapi yang sudah dipecah dari bentuk karkas dengan harga jual Rp120.000 ke pembeli.

Baca juga: Mesin PCR Rusak, Labkesda Tangerang Selatan untuk Sementara Tak Terima Tes Covid-19

Dengan perhitungan harga modal karkas daging sapi dengan harga jual seperti itu, dia mengaku masih bisa mendapatkan untung.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved