Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Tim DVI Pastikan Identifikasi Korban Sriwijaya Air Tetap Berjalan Meski Operasi SAR Berhenti

Tim Disaster Victim Identification (DVI) memastikan proses identifikasi korban Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak tetap berjalan.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono dalam konferensi pers penutupan operasi SAR Sriwijaya Air SJ-182 di posko utama Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (21/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Tim Disaster Victim Identification (DVI) memastikan proses identifikasi korban Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak tetap berjalan.

Meski operasi SAR di perairan Kepulauan Seribu lokasi jatuhnya pesawat pada Sabtu (9/1/2021) sore hari ini resmi dihentikan karena berbagai pertimbangan.

Karopenmas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan proses identifikasi yang sudah berhasil mengidentifikasi 47 jenazah korban Sriwijaya Air tak lantas berhenti.

"Kita belum ada kepastian akan menghentikan kegiatan tetapi di sini, masih melakukan kegiatan identifikasi. Jadi kemungkinan besok masih ada korban-korban yang diidentifikasi," kata Rusdi di RS Polri Kramat Jati, Kamis (21/1/2021).

Dalam identifikasi secara DVI yang prosedurnya menggunakan tiga parameter yakni sidik jari, gigi, dan DNA, proses memang tidak lepas dari operasi SAR.

Pasalnya identifikasi dilakukan menggunakan data antemortem (sebelum kematian) sidik jari, gigi, dan DNA dari keluarga inti korban.

Data tersebut lalu dicocokkan dengan data postmortem (setelah kematian) sidik jari, gigi, dan DNA dari bagian tubuh jenazah korban hingga teridentifikasi.

Bila data antemortem sudah lengkap namun posmortem tidak ada maka identifikasi tak berjalan, dalam hal ini data postmortem didapatkan dari operasi SAR.

Namun Rusdi menuturkan hingga Kamis (21/1) pukul 17.00 WIB Tim DVI sudah menerima 324 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban hasil operasi SAR.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved