Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

47 Korban Sriwijaya Air Teridentifikasi, Tim DVI Masih Bekerja Proses 15 Lainnya

Proses identifikasi secara DVI yang prosedurnya menggunakan tiga parameter yakni sidik jari, gigi, dan DNA memang tidak lepas dari operasi SAR.

TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Sebanyak tiga kantong jenazah berisi bagian tubuh (body part) korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tiba di posko Postmortem RS Polri Kramat Jati, Jakarta Pusat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Proses identifikasi korban Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak yang dilakukan Tim Disaster Victim Identification (DVI) belum berhenti.

Setelah hingga Kamis (21/1/2021) pukul 17.00 WIB berhasil mengidentifikasi 47 dari total 62 korban yang dilaporkan hilang dalam kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182.

Karopenmas Polri Brigjen Rusdi Hartono memastikan Tim DVI masih berupaya mengidentifikasi bagian tubuh jenazah lewat pencocokan data DNA.

"Jadi kemungkinan besok masih ada korban-korban yang diidentifikasi, masih ada kegiatan untuk Tim DVI. Lebih kurang satu minggu lagi (proses identifikasi)," kata Rusdi di RS Polri Kramat Jati, Kamis (21/1/2021).

Proses identifikasi secara DVI yang prosedurnya menggunakan tiga parameter yakni sidik jari, gigi, dan DNA memang tidak lepas dari operasi SAR.

Pasalnya identifikasi dilakukan menggunakan data antemortem (sebelum kematian) sidik jari, gigi, dan DNA dari keluarga inti korban.

Data tersebut lalu dicocokkan dengan data postmortem (setelah kematian) sidik jari, gigi, dan DNA dari bagian tubuh jenazah korban hingga teridentifikasi.

Bila data antemortem sudah lengkap namun posmortem tidak ada maka identifikasi tak berjalan, dalam hal ini data postmortem didapatkan dari operasi SAR.

Namun Rusdi menuturkan hingga Kamis (21/1) pukul 17.00 WIB Tim DVI sudah menerima 324 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban hasil operasi SAR.

Halaman
123
Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved