Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Antisipasi Klaster Covid-19 di Pengungsian, BPBD Bakal Cek Antigen Korban Banjir

Protokol kesehatan bakal diterapkan secara ketat guna mencegah penularan Covid-19 di tempat-tempat pengungsian.

Istimewa
Personel Damkar Jakarta Timur mengenakan alat perlindungan diri (APD) saat simulasi evakuasi pasien bergejala Covid-19 korban banjir di aliran Kalimalang, Sabtu (23/1/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengaku telah mempersiapkan protokol kesehatan di lokasi pengungsian jika nantinya ibu kota dikepung banjir.

Protokol kesehatan bakal diterapkan secara ketat guna mencegah penularan Covid-19 di tempat-tempat pengungsian.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan, screening menggunakan rapid antigen bakal dilakukan sebelum para korban banjir masuk ke tempat pengungsian.

Bila ada korban banjir yang reaktif Covid-19, maka petugas kesehatan bakal langsung membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Rapid test antigen ini bagian yang bisa dilakukan dan Insya Allah kami sial untuk barangnya sendiri," ucapnya, Kamis (28/1/2021).

Kemudian, pemisahan tenda pengungsian juga bakal dilakukan guna mencegah warga yang masuk kategori rentan terpapar Covid-19.

Seperti, memisahkan tenda pengungsi umum dengan kelompok ibu hamil, lansia, hingga kontak erat/suspek Covid-19.

"Sudah tentu kami juga terapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun, dan menjaga jarak aman)," ujarnya dalam diskusi yang disiarkan kanal youtube Pemprov DKI.

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini mengaku, BPBD telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial guna menjamin asupan makanan bergizi bagi para korban banjir di tempat pengungsian.

Halaman
123
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved