Breaking News:

Warga Kelurahan Gedong Pasar Rebo Minta Lokasi Pembangunan Puskesmas di Tengah Permukiman

Lurah Gedong Jiji Kusmawan mengatakan usul pembangunan Puskesmas Kelurahan Gedong ini termasuk usulan

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
(Ilustrasi) Suasana pemberangkatan puluhan pasien Covid-19 dari Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (10/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Warga Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, mengusulkan pembangunan Puskesmas di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2021.

Dari 95 usulan fisik, 3 usulan non fisik, dan 39 usulan pengadaan barang yang disampaikan 117 RT dan 12 RW warga Kelurahan Gedong di Musrenbang.

Lurah Gedong Jiji Kusmawan mengatakan usul pembangunan Puskesmas Kelurahan Gedong ini termasuk satu usulan pembangunan fisik yang diusulkan.

“Dalam Musrenbang warga dari 12 RW menginginkan adanya Puskesmas untuk mempermudah warga berobat dan lebih dekat," kata Jiji saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Senin (1/2/2021).

Alasannya hingga kini Puskesmas Kelurahan Gedong menyewa satu bangunan rumah di Jalan Raya Condet yang lokasinya terlalu jauh dari permukiman warga Gedong.

Lokasi Puskesmas Kelurahan Gedong sekarang lebih dekat dengan permukiman warga Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati.

Sementara lokasi Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo lebih jauh, melebihi lima kilometer dari permukiman warga Kelurahan Gedong.

"Sebenarnya usulan pembangunan Puskesmas sudah disampaikan warga dari tahun lalu. Karena lokasi sekarang mengontrak di satu rumah, sudah empat tahun mengontrak," ujarnya.

Merujuk koordinasinya dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jiji menuturkan Pemprov DKI sudah menyiapkan lahan untuk Puskesmas Kelurahan Gedong.

Update Ruang Isolasi Covid-19 di Kota Bekasi, Senin 1 Februari 2021 Tersisa 248 Tempat Tidur

Polisi yang Tembak Mati Buronan Judi Dipidanakan, Kuasa Hukum: Dilakukan di Depan Anak Istri

Terungkap, Motif Youtuber Rian Siksa 3 Monyet Liar, Demi Popularitas dan Tambah Subscriber

Lokasinya di belakang kantor Kelurahan Gedong yang lebih berada di tengah permukiman warga dibandingkan posisi dijadikan Puskesmas sekarang.

"Lahan yang digunakan milik Dinas Pendidikan DKI. Dari Dinas Pendidikan sudah setuju menyerahkan, hanya asetnya belum diserahterimakan ke Dinas Kesehatan. Luas lahannya 700 meter," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved