Breaking News:

BPBD Mencatat 94 Lokasi di Kota Bekasi Terendam Banjir

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Agus Harpa mengatakan, banjir kali ini disebabkan air kiriman dari Bogor yang melimpas di Kali Bekasi

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Banjir merendam pemukiman warga di Kampung Lebak, Teluk Pucung, Bekasi Utara Kota Bekasi, Senin (8/2/2021). BPBD Mencatat 94 Lokasi di Kota Bekasi Terendam Banjir 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI UTARA - Banjir melanda di sebagian wilayah Kota Bekasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat, terdapat 94 titik lokasi yang terendam, Senin (8/12/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Agus Harpa mengatakan, banjir kali ini disebabkan air kiriman dari Bogor yang melimpas di Kali Bekasi.

"Banjir menurut data BPBD dari kemarin ada 94 titik, itu tersebar di 11 Kecamatan di Kota Bekasi," kata Agus di Bekasi Utara.

Dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi, hanya Kecamatan Jatisampurna yang tidak ada laporan pemukiman warga terdampak banjir.

"Kami mengerahkan semua, personel sudah kita mapping ditempatkan di titik rawan banjir," ungkap Agus.

Ketinggian air kata dia, cukup bervariasi, dari yang 20 centimeter hingga ada yang menyentuh hampir dua meter.

Banjir hari ini lanjut Agus, terjadi akibat limpasan air Kali Bekasi. Beberapa perumahan mulai terendam sejak pagi tadi, terutama yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Kali Bekasi.

"Ini kami buka pintu airnya Bendung Bekasi karena air sudah nggak nampung," kata Agus.

Beberapa pemukiman warga yang terendam banjir diantaranya, Pondok Mitra Lestari (PML), Pondok Gede Permai, Villa Jatirasa dan Perumahan Kemang IFI.

Terpapar Covid-19, Wakil Wali Kota Depok Sempat Mengalami Masa Kritis

Banjir di Bidara Cina kembali Naik Hingga Ketinggian 3 Meter

Banjir Setinggi 1,5 Meter di Teluk Pucung Bekasi Utara, Keluarga Opung Menolak Dievakuasi

Sedangkan pemukiman yang berada di hilir Bedung Bekasi pasca dibukanya pintu air, menyebabkan banjir di Gang Mawar Jalan Kartini, Kampung Lebak Teluk Pucung Bekasi Utara.

"Yang sudah kami lakukan adalah himbauan ke masyarakat Kota Bekasi khususnya warga yang dekat aliran sungai agar siaga," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan bantuan dengan menerjunkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang membutuhkan.

"Kamipun melakukan upaya-upaya salah satunya alat-alat sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk evakuasi banjir tersebut," tutunya.

Selain limpasan Kali Bekasi, di Kota Bekasi juga terdapat banjir yang disebabkan intesitas hujan deras seperti yang terjadi di Rawalumbu Perumahan Pondok Hijau Permai, Kota Bekasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved