Breaking News:

Jakarta Banjir, Begini Cara yang Dilakukan Jika Motor Mogok Gegara Banjir

Sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta terkena banjir, Senin (8/2/2021). Dalam keadaan banjir, tak jarang motor mogok karena terendam banjir.

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH
Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur tergenang banjir, Senin (8/2/2021). Sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta terkena banjir di awal pekan, Senin (8/2/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta terkena banjir pada  awal pekan, Senin (8/2/2021).

Tinggi muka air Sungai Ciliwung di Pos Pantau Jembatan Panus, Sukmajaya, Kota Depok, terpantau 260 centimeter hingga siang ini sekira pukul 10.00 WIB.

Dalam keadaan banjir, tak jarang motor mogok karena terendam banjir.

Saat hampir terendam air, pemilik jangan sampai panik dengan memaksa mesin mobil atau sepeda motor untuk segera berkerja.

Sebab, potensi terjadi kerusakan di bagian mesin terbuka lebar.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, penyebab utama mesin tidak bisa berkerja alias mogok ialah karena busi terendam air.

"Jika busi kemasukan air, maka tidak ada api di ruang bakar. Sementara bila dipaksa, ada kemungkinan air naik dan masuk ke ruang mesin," kata dia dikutip dari Kompas.com.

"Lalu, baterai dan komponen kelistrikan motor yang masih banyak air juga bisa korslet. Kerusakannya merambat," lanjut Endro.

Maka, sebaiknya pemilik mencari tempat kering untuk membiarkan air yang membasahi berbagai bagian motor keluar dengan sendirinya.

Genangan banjir di Jalan Nusa Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (1/11/2020).
Genangan banjir di Jalan Nusa Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (1/11/2020). (ISTIMEWA)

Lalu, bersihkan pula busi menggunakan kain kering dan bersih.

"Pada kondisi darurat, disarankan menggunakan pelumas yang bisa memproteksi dan memisahkan busi dari air supaya proses pengapian kembali berjalan dengan baik," papar Tomi Tambrani, Marketing Manager Brand Rexco.

Ia menambahkan, sebaiknya para pengendara motor selalu menyiapkan pelumas semprot serbaguna di bawah jok atau bagasi motor sebagai pertolongan pertama saat motor mogok.

Bocah 9 Tahun Hanyut Terseret Arus, Camat Ungkap Cerita Mitos di Kali Krukut Kebayoran Baru

Dikabarkan Sempat Menyerah Tangani Covid-19, Begini Tanggapan Mengejutkan Gubernur Anies 

Pelumas semprot serbaguna juga sudah banyak beredar di pasaran dan mudah ditemukan.

"Kendati demikian, menghubungi bengkel resmi terdekat merupakan rekomendasi paling aman dan terbaik supaya motor tetap dalam keadaan prima," tutup Endro.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Mogok Karena Banjir, Ini Langkah Pertama yang Harus Dilakukan",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved